• KANAL BERITA

Pileg 2019, PDIP Tugaskan Rukma dan Dede ke DPR

Ketua DPRD Jateng Rukma Setyabudi dan anggota Komisi B DPRD Jateng Dede Indra Permana bersama Cak Lontong sebelum tampil dalam sebuah acara. (suaramerdeka.com/ dok)
Ketua DPRD Jateng Rukma Setyabudi dan anggota Komisi B DPRD Jateng Dede Indra Permana bersama Cak Lontong sebelum tampil dalam sebuah acara. (suaramerdeka.com/ dok)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Menjelang pemilihan legislatif (Pileg) 2019, sejumlah parpol di Jateng mempersiapkan strateginya untuk bisa memperoleh kursi sebanyak mungkin. Penempatan bakal calon legislatif (Caleg) dan daerah pemilihan (Dapil) yang tepat dinilai menjadi salah satu langkah jitu untuk memperoleh dukungan pemilih.

Hal itu juga dilakukan oleh DPD PDIP Jateng. Sejumlah anggota legislatif di DPRD kabupaten/kota diusulkan naik menjadi bakal calon anggota legislatif di DPRD Provinsi. Demikian halnya dengan beberapa anggota legislatif di DPRD Provinsi naik menjadi bakal calon legialatif di DPR RI.

‘’Dari DPRD Provinsi Jateng ke DPR RI nanti ada dua. Pak Rukma (Setyabudi) dan Pak Dede (Indra Permana),’’ kata Ketua DPD PDIP Jateng, Bambang Wuryanto, Senin (4/6).

Rukma Setyabudi merupakan anggota DPRD Provinsi Jateng periode 2014-2019 dan saat ini menjabat sebagai ketua DPRD. Sementara Dede adalah anggota Komisi B DPRD Jateng.

Menurut Bambang, perubahan posisi caleg dari provinsi ke pusat merupakan hal yang wajar. Demikian halnya dengan perubahan dapil.

Terkait Rukma dan Dede, lanjut Bambang, perubahan pencalegan itu akan disampaikan lebih dulu pada keduanya. ‘’Akan disampaikan dulu, itu masih usulan,’’ kata Bambang.

Sesuai jadwal, semua DPC dan DPD selesai melakukan penjaringan bakal caleg pada 30 Juni 2018. Ia khawatir jika dilakukan sebelum 27 Juni, hari pencoblosan Pilgub, akan mengganggu kinerja mesin partai.

Setelah penjaringan caleg selesai, tim dari DPD PDIP Jateng akan melakukan verifikasi dan menyusun ulang daftar pencalegan maksimal 3 hari setelahnya atau tanggal 3 Juli. Setelah melakukan dialog dengan DPC-DPC maka akan dilakukan pendaftaran Daftar Caleg Sementara (DCS) ke KPU pada 4-10 Juli.

Menanggapi rencana DPD PDIP untuknya, Dede mengaku akan menjalankan apapun keputusan partai. ‘’Sepanjang itu tugas partai, saya siap. Karena saya adalah petugas partai,’’ ungkap Dede.

 


(Hanung Soekendro/CN33/SM Network)