• KANAL BERITA

Masyarakat Desa Diharapkan Kreatif Kembangkan Peluang Ekonomi

Foto Istimewa
Foto Istimewa

BANDUNG, suaramerdeka.com - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo berharap kepada masyarakat desa untuk dapat secara kreatif ngkan peluang-peluang usaha. 

"Tentunya peluang usaha dapat dicari dan dikembangkan dari permasalahan-permasalahan yang ada dilingkungan sekitar," ujar Eko saat melakukan kunjungan kerja ke Desa Bumiwangi, Ciparay, Kabupaten Bandung.

Salah satu contoh yang diberikan adalah memanfaatkan sampah dan limbah untuk dijadikan pupuk organik. Selain memberikan nilai ekonomis, pupul tersebut dapat digunakan untuk kegiatan pertanian dan perkebunan di desa. 

Bahkan, kata dia, hasil panen dari pertanian organik memiliki nilai jual yang lebih tinggi. selain itu, pupuk organik juga dinilai tidak merusak lingkungan.

Lebih lanjut dirinya mengatakan, jelang musim libur Lebaran, harus dijadikan sebagai momentum bagi masyarakat desa untuk menambah pendapatan. Apalagi Lebaran kali ini bertepatan dengan Piala Dunia 2018.

Salah satu yang dapat dilakukan adalah menggelar acara nonton bareng, karena biasanya banyak perantau yang mudik untuk merayakan Lebaran bersama keluarga. Oleh karena Eko mengatakan akan membagikan decoder kepada desa-desa yang telah memiliki proyektor.

Nantinya para warga desa, khususnya ibut-ibu bisa berjualan diacara nonton bareng tersebut. "Sehingga ada kegiatan ekonominya, ada perputaran uang disitu," imbuh Eko.


(Satrio Wicaksono/CN19/SM Network)