• KANAL BERITA

Mudahkan Masyarakat, Layanan MCS Dibuka di Wonosobo

Masyarakat melakukan pendaftaran layanan BPJS Kesehatan saat pelayanan Mobile Customer Service (MCS) di wilayah Wadaslintang, baru-baru ini. (suaramerdeka.com/M Abdul Rohman)
Masyarakat melakukan pendaftaran layanan BPJS Kesehatan saat pelayanan Mobile Customer Service (MCS) di wilayah Wadaslintang, baru-baru ini. (suaramerdeka.com/M Abdul Rohman)

WONOSOBO, suaramerdeka.com - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Kebumen komitmen memberikan kemudahan kepada para peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) di wilayah Wonosobo.

Salah satu layanan kemudahan yang dilakukan, yakni dengan melakukan jemput bola membuka layanan Mobile Customer Service (MCS) ke pelosok-pelosok kecamatan yang ada di wilayah Wonosobo. 

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kebumen, Maya Susanti menyebutkan, program MCS telah diluncurkan sejak 2017 oleh BPJS Kesehatan Cabang Kebumen, dengan membuka spot pelayanan kepesertaan di titik-titik tertentu utamanya yang jauh dari kantor BPJS Kesehatan.

"Setelah di wilayah cabang, layanan kami perluas di wilayah kecamatan di Wonosobo, seperti Kecamatan Sapuran, Kertek, Kaliwiro, Wadaslintang dan Garung," ujarnya, baru-baru ini. 

Layanan MCS tersebut dilakukan guna mempermudah akses peserta JKN-KIS mendapatkan pelayanan. Untuk jadwal MCS di wilayah Wonosobo, yakni sejak minggu keempat Mei hingga 8 Juni 2018.

Untuk jadwalnya, Kecamatan Sapuran setiap Senin, Kertek setiap Selasa, Kaliwiro setiap Rabu, Wadaslintang setiap Kamis dan Garung setiap Jumat.

"Nantinya secara bertahap, kami akan lakukan layanan di seluruh kecamatan yang jauh dari kantor BPJS Wonosobo," beber dia. 

Menurut dia, layanan MCS diselenggarakan BPJS Kesehatan agar program JKN-KIS lebih mengena di hati dan semakin dekat dengan masyarakat.

“Selain itu, dengan memberikan pelayanan lebih dekat dengan masyarakat harapannya agar dapat mempercepat cakupan kepesertaan Universal Health Coverage (UHC) pada 1 Januari 2019 mendatang. Respon masyarakat juga sangat antusias dengan layanan tersebut. 

Kepala Kantor Layanan Operasional Kabupaten (KLOK) BPJS Kesehatan Wonosobo, Prasetya Anang Baja menambahkan, layanan tersebut sangat dimanfaatkan masyarakat sekitar, karena tidak perlu jauh-jauh datang ke kantor dan mengantri.

Selain layanan MCS, pendaftaran dapat diakses peserta tanpa datang ke BPJS Kesehatan, seperti aplikasi digital Mobile JKN, Care Center 1500 400, website BPJS Kesehatan di www.bpjs-kesehatan.go.id, dan dropbox di kantor Pos dan kantor kecamatan.


(M Abdul Rohman/CN39/SM Network)