• KANAL BERITA

Generasi Milenial Harus Jadi Penggerak Perubahan

foto: suaramerdeka.com/Setiyadi Dwi
foto: suaramerdeka.com/Setiyadi Dwi

BANDUNG, suaramerdeka.com - Generasi milenial sudah seharusnya menjadi penggerak perubahan melalui kreativitasnya di tengah era globalisasi yang semakin kompetitif, terutama dalam mengoptimalkan kemajuan teknologi yang berkembang semakin pesat.

"Anak muda tidak boleh takut dengan perubahan, tapi mesti menjadikan perubahan sebagai peluang meraih masa depan," kata Ika Hasanuddin, saat menjadi pembicara dalam seminar Smart and Kreatif, di Bandung seperti dalam keterangan yang diterima, Sabtu (2/6).

Istri Cagub nomor urut dua, Tubagus Hasanuddin yang juga tengah intens menggarap generasi milenial itu menyebut bahwa kondisi lingkungan tersebut harus menjadikan pula generasi milenial lebih kuat menghadapi berbagai tantangan mendatang.

Menurut dia, kuncinya adalah kerja keras dan komitmen tinggi tanpa berpikir instan. "Apalagi perjuangan itu kan tanpa henti, impian juga tanpa batas, dan bukan hasilnya yang penting, tapi proses perjalannya yang harus kita hargai," tutur wanita berhijab itu, di hadapan ratusan mahasiswa yang hadir.

Di tempat yang sama, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Barat, Ineu Purwadewi Sundari mengingatkan, bahwa generasi muda harus siap menjadi pemimpin di masa depan. 

Untuk itu, dia berharap mereka tak cepat berpuas diri terutama dalam memperkaya wawasan. Pasalnya, salah satu modal penting bagi seorang pemimpin masa depan, adalah wawasan luas dan tidak pernah berhenti belajar.

"Kepemimpinan itu lahir dari pelatihan, dan hidup itu tidak pernah berhenti dari belajar, belajar itu harus terus dilakukan hingga siap memimpin," ungkapnya, yang berasal dari Fraksi PDI Perjuangan itu. 

Ineu menambahkan, perkembangan dunia saat ini begitu dinamis dan cepat berubah. Setiap individu, sambungnya, harus mampu menyesuaikan baik perkembangan teknologi, gaya hidup, mau pun sosial budayanya. Hal ini tegasnya mesti diantisipasi dengan daya adaptif yang prima. Generasi milenial, yakinnya, pasti mampu menjawab tantangan tersebut.


(Setiady Dwi/CN40/SM Network)