• KANAL BERITA

Pelindo III: Percepat Layanan dengan Home Terminal

LUNCURKAN APLIKASI HOME TERMINAL: Comercial & Operational Director Pelindo III, Mohammad Iqbal (kanan), bersama  Country Manager PT SITC Indonesia, Majah Andriansyah, usai melakukan penandatanganan kerja sama layanan jasa kepelabuhanan yang terintegrasi berbasis mobile application Home Terminal dalam Kick Off Implementasi Home Terminal di kantor Pelindo III Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Rabu (30/5). (suaramerdeka.com/Maulana M Fahmi)
LUNCURKAN APLIKASI HOME TERMINAL: Comercial & Operational Director Pelindo III, Mohammad Iqbal (kanan), bersama Country Manager PT SITC Indonesia, Majah Andriansyah, usai melakukan penandatanganan kerja sama layanan jasa kepelabuhanan yang terintegrasi berbasis mobile application Home Terminal dalam Kick Off Implementasi Home Terminal di kantor Pelindo III Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Rabu (30/5). (suaramerdeka.com/Maulana M Fahmi)

SEMARANG, suaramerdeka.com – Layanan Home Terminal Pelindo III kini hadir di Semarang. Pelindo III makin mempercepat ekspansinya khususnya dalam bidang percepatan pelayanan. Kali ini, Semarang menjadi tempat dilaksanakannya implementasi home terminal setelah sebelumnya berhasil dilaksanakan di Surabaya khususnya untuk Pelabuhan Tanjung Perak, Terminal Teluk Lamong, dan Terminal Petikemas Surabaya.

Bertempat di Ruang Rapat Lantai 2 Kantor Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, sedikitnya 30 perusahaan pengguna jasa serta mitra kerja yang terdiri dari asosiasi, perusahaan pelayaran dan forwarding hadir pada acara Kick Off Launching Implementasi Home Terminal di Semarang, Rabu (30/05).

Home Terminal sendiri merupakan layanan aplikasi untuk mempercepat dan mempermudah proses pemesanan layanan jasa kepelabuhanan pada gawai pengguna jasa. Dengan aplikasi Home Terminal ini, para pengguna jasa dapat memesan jasa kepelabuhanan cukup dengan sekali sentuh, dimana saja dan kapan saja.

“Aplikasi Home Terminal ini merupakan salah satu inovasi Pelindo III untuk menyesuaikan dengan iklim bisnis saat ini yang telah memasuki industry 4.0 yang berbasis teknologi. Kami membuat aplikasi ini disesuaikan dengan kebutuhan pebisnis saat ini yang easy, simple dan transparan. Ada empat macam layanan menu utama yang kami tawarkan yakni vessel service, port activities, logistics dan container management dan semuanya terintegrasi dengan sistem operasi terminal (TOS)," kata Mohammad Iqbal, Commercial and Operational Director Pelindo III di tengah sambutannya.

Pada kesempatan ini juga dilakukan live demo bagaimana penggunaan aplikasi Home Terminal, yaitu dimulai dari login awal hingga layanan yang ada di dalamnya. Untuk tahap awal Home Terminal ini masih digunakan untuk penyediaan jasa pelayanan kapal yang meliputi pemanduan, penundaan, penyandaran kapal, pengisian bahan bajar, pengisian air bersih, jasa tambat, port clearance, penampungan limbah, daya kelistrikan dan crew transfer.

“Kami senantiasa berorientasi pada customer focus, untuk itu aplikasi ini sangat memungkinkan pengguna jasa memantau pergerakan kapal dan barangnya secara langsung (real time online) dan para pelanggan mendapat manfaat berupa efisiensi dari simplifikasi layanan karena dapat memangkas birokrasi," kata Arief Prabowo, General Manager TPKS.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa basic layanan Home Terminal ini disesuaikan dengan proses bisnis di pelabuhan yang secara prosedur dan praktiknya hampir sama.  Sehingga aplikasi ini berpotensi untuk diterapkan di pelabuhan lain, demi meningkatkan efektivitas kinerja logistik di Indonesia.


(Maulana M Fahmi/CN40/SM Network)