• KANAL BERITA

Ribuan Warga Adiyuswa Diajak Sukseskan Pilgub

Peserta perayaan Paskah, Pentakosta, dan Hari Lansia Nasional memadati gedung gereja JKI Holy Stadium, Selasa (29/5). (suaramerdeka.com/Royce Wijaya SP)
Peserta perayaan Paskah, Pentakosta, dan Hari Lansia Nasional memadati gedung gereja JKI Holy Stadium, Selasa (29/5). (suaramerdeka.com/Royce Wijaya SP)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Ribuan warga adiyuswa atau lanjut usia mengikuti perayaan Paskah dan Pentakosta atau 50 hari setelah kebangkitan Yesus di gedung gereja JKI Holy Stadium, Selasa (29/5). Mereka berasal dari 79 Gereja Kristen Jawa (GKJ) Rayon III Jateng.

Dalam kesempatan itu, Sekretaris Umum Badan Pelaksana Sinode XXVII GKJ, Pendeta Aris Widaryanto, mengajak warga adiyuswa untuk turut menyukseskan perhelatan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jateng pada 27 Juni mendatang. 

Caranya dengan memberikan pilihan dalam pilgub, sesuai hati nurani. ''Menjadi tua memang suatu kemestian, tapi menjadi berkat adalah juga sebuah kemestian. Tanggal 27 Juni 2018 ada pemilihan kepala daerah Jateng, jangan lupa bapak ibu adiyuswa untuk memilih,'' tandas Aris, saat memberikan sambutan dalam perayaan Paskah.

Terlebih lagi, warga adiyuswa kini sudah banyak yang pensiun atau tidak lagi sibuk di kantor. Memilih kepala daerah itu merupakan kewajiban yang harus dilakukan. 

Menurut dia, perayaan Paskah dan Pentakosta itu secara kebetulan bertepatan dengan peringatan hari lanjut usia nasional. Presiden Soeharto pada 29 Mei 1996 di Semarang dulu mencanangkan peringatan hari lanjut usia nasional, jadi kini sudah 22 tahun pencanangannya.

''Peringatan hari lanjut usia ini satu wujud kepedulian dan pengharapan terhadap adiyuswa,'' ungkap Aris, pendeta GKJ Pangkalan Jati Jakarta.

Acara ini juga menampilkan dagelan dengan pelawak lokal Semarang. Warga adiyuswa juga bisa mengikuti pemeriksaan gratis yang digelar RS Panti Wilasa Citarum Semarang. 

Ketua I Panitia Perayaan Paskah, Pentakosta, dan Hari Lansia Nasional, Pendeta Timotius Setijanto mengatakan, pertemuan raya adiyuswa ini hanya bisa diikuti per rayon. Di mana, dalam sinode dibagi empat rayon. Penyelenggaraan acara ini masuk rayon III yang terdiri delapan klasis, yakni Blora - Bojonegoro, Purwodadi, Semarang Timur, Semarang Selatan, Semarang Barat, Pekalongan, Salatiga Utara, dan Salatiga Selatan. 

Sekretaris Komisi Daerah (Komda) Lansia Jateng Edy Susanto hadir mewakili pelaksana tugas (Plt) Gubernur Heru Sudjatmoko yang berhalangan mengikuti acara.

''Tema acara ini ialah pergunakan waktu yang ada. Waktu ini sangat berharga, waktu tak pernah berputar kembali, di mana seseorang akan berubah,'' jelasnya.

Pihaknya berharap agar generasi muda tidak mensia-siakan waktu, supaya jangan sampai salah melangkah atau mengambil keputusan. 


(Royce Wijaya/CN40/SM Network)