• KANAL BERITA

Sleman Kembali Raih Opini WTP

Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

SLEMAN, suaramerdeka.com - Pemerintah Kabupaten Sleman kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas laporan keuangan tahun anggaran 2017. Selain Sleman, tiga kabupaten dan satu kota lain di DIY juga berhasil mendapatkan opini tersebut.

Hal ini disampaikan Kepala Perwakilan BPK DIY Yusnadewi dalam penyerahan laporan hasil pemeriksaan, dan laporan keuangan pemerintah daerah se-DIY tahun 2018 di kantor BPK DIY, Senin (28/5). Pada kesempatan itu, Yusnadewi meminta agar momentum ini dapat mendorong terwujudnya akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan daerah. 

"Kami harap hasil pemeriksaan ini bisa memberikan dorongan motivasi untuk terus memperbaiki pertanggungjawaban pelaksanaan APBD," tuturnya.

Sementara itu, Bupati Sleman Sri Purnomo yang pada acara tersebut menyampaikan sambutan mewakili kepala daerah se-DIY menyampaikan pendapatnya bahwa opini WTP bukan  menjadi satu-satunya tujuan dalam penyelenggaraan pemerintah. "Salah satu upaya untuk mewujudkan pemerintahan yang baik adalah menargetkan pencapaian opini WTP, tapi itu bukan satu-satunya tujuan. Sebab realisasi good governance juga berkaitan dengan sistem penyelenggaraan pemerintahan, dan menciptakan budaya kerja birokrasi yang optimal," tegas Sri.

Dalam sambutannya, Sri juga menyatakan akan terus berkomitmen menindaklanjuti hasil maupun rekomendasi pemeriksaan atas laporan keuangan pemerintah daerah tahun 2017. Pihaknya akan berusaha maksimal menjalankan pemerintahan yang transparan, akuntabel, efektif, efisien, dan profesional.

"Kami berupaya meningkatkan penyempurnaan sistem pemerintah, dan pengelolaan keuangan. Untuk itu dibutuhkan komitmen memperbaiki kelemahan dan kekurangan yang ada," tandasnya.


(Amelia Hapsari/CN41/SM Network)