• KANAL BERITA

Biar Tak Gaduh, Sistem Pengadaan Impor Perlu Dibenahi

Foto: Aktual.com
Foto: Aktual.com

BANDUNG, suaramerdeka.com - Ketua BPK, Moermahadi Soerja Djanegara menyatakan sistem dalam pengadaan barang impor, terutama untuk kebutuhan pangan harus diperbaiki guna menghindari tumpah tindih kewenangan dan silang pendapat.

Hal itu dikatakan Ketua BPK, Moermahadi Soerja Djanegara di sela-sela penyerahan laporan hasil pemeriksaan atas laporan keuangan Provinsi Jabar 2017 di Bandung, Senin (28/5).

"Kita ingin sistemnya diperbaiki, biar tak saling menyalahkan, sehingga jangan Mentan bilang tak perlu sementara Mendag menyatakan secara data kebutuhan kita kurang," tandasnya.

Dia mencontohkan pengadaan beras impor yang dilakukan pemerintah. Dalam sisi kewenangan sebenarnya itu menjadi porsi Kemendag. Hanya, tak menutup kemungkinan instansi lain ikut bersuara sehingga tak jarang menjadi gaduh.

Dengan pembenahan sistem tersebut, dia optimis hal yang bersifat kontraproduktif dapat dihindari. Semuanya mempunyai pegangan yang jelas karena merujuk kepada sistem.

"Kalau terus rapat tak akan putus-putus, jadi lebih baik sistemnya yang dibangun, semuanya berbasis data sehingga setiap langkah bisa dicek dengan baik, kurangnya berapa dan sebagainya," tandasnya.

Dia menyebut pihaknya sudah merekomendasikan perlunya sistem tersebut. Tinggal langkah pemerintah untuk merealisasikannya.


(Setiady Dwi/CN41/SM Network)