• KANAL BERITA

Tunjangan Guru Triwulan Pertama Dipastikan Cair Sebelum Lebaran

Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

SOLO, suaramerdeka.com - Tunjangan Profesi bagi Guru ASN Bersertifikat untuk bulan Januari, Februari dan Maret 2018 masih dalam proses di Badan Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah BPPKAD kota Surakarta.

Demikian diungkapkan Kepala Bidang Pendidik dan Tenaga Kependidikan  Dinas Pendidikan kota Surakarta Budi Setiono, Senin (28/5).

Saat ini, 2.463 Guru ASN Bersertifikat dari berbagai jenjang mulai dari Guru dan Kepala Sekolah TK, SD, dan SMP telah mendapatkan Surat Keterangan Tunjangan Profesi  SKTP. Sedangkan 15 orang lainnya masih menunggu konversi dari Pusat akibat terkendala sistem dan kode yang dinamis.

Menurutnya, tunjangan profesi triwulan I senilai Rp 25 miliar 494 juta dipastikan akan cair sebelum Lebaran 2018.

"Sebelum Hari Raya, triwulan 1 ini, bulan Januari, Februari, Maret, kendalanya itu nunggu konversi dari Kementerian. Ini 2.463 sudah ber SKTP dari guru TK, SD, SMP, Kepala Sekolah TK, SD dan Kepala SMP, dana sekitar Rp 25 miliar 494 juta, sudah termasuk dipotong pajak, sekitar 3 miliaran," jelasnya.

Budi menambahkan, tunjangan juga akan diterima Guru Bersertifikasi non ASN, namun pencairannya dari pusat langsung ke rekening masing-masing Guru non ASN. Pihaknya berharap para guru tidak menggunakan dana untuk hal yang konsumtif, tetapi tetap  dimanfaatkan untuk peningkatan dan pengembangan kompetensi para Guru.


(RRI/CN41/SM Network)