• KANAL BERITA

Jalan Tembus Kragilan Permudah Masuk Tol

foto: istimewa
foto: istimewa

BOYOLALI, suaramerdeka.com - Pemkab Boyolali membangun jalan tembus hingga di pintu keluar-masuk tol di Jalan Tentara Pelajar, Desa Kragilan, Kecamatan Mojosongo. Jalan tersebut untuk mempermudah bagi warga Boyolali yang akan masuk pintu tol Semarang- Solo.

Menurut Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU-PR) Boyolali, Nyoto Widodo, pembangunan jalan tembus untuk memudahkan warga Boyolali sisi barat. Mereka tak perlu memutar dulu ke Pasar Mojosongo lalu belok ke utara untuk masuk pintu tol.

Jalan tembus itu dibangun dari Alun-alun Lor yang saat ini masih dalam proses pembangunan. Sehingga kendaraan dari jalur Lingkar Utara Boyolali bisa langsung masuk ke pintu tol lewat jalan temus tersebut.

‘’Jalur itu mudah dicapai pula dari kompleks Pemkab Boyolali dengan keluar menuju ke Tegawire, kemudian belok ke arah utara,’’ katanya.

Akses keluar masuk pintu Tol Boyolali ke Alun-alun Lor ini dibangun dengan lebar 8 meter dan median 2 meter itu memiliki panjang 900 meter. Pembebasan lahan sudah tuntas.

Pembangunannya dilakukan secara bertahap. Tahap pertama Pemkab Boyolali menggelontor dana Rp 8 miliar. Ruas jalan yang dibangun terlebih dahulu adalah diruas kanan. Pemkab berharap, pembangunan ini dapat selesai bertepatan dengan dibukanya ruas tol Salatiga- Kartasura.

Masyarakat dari atau akan ke Boyolali ke pintu keluar masuk Tol Boyolali mendapat akses yang strategis. ‘’Selain itu, dengan jalan baru ini, geliat ekonomi masyarakat sekitar terus meningkat,’’ jelasnya. 

Akses yang mempermudah keluar-masuk Boyolali itu diharapkan mampu mendongkrak kesejahteraan masyarakat. Pusat keramaian akan terpecah, tak lahgi terpusat di Alun-alun Kidul, Kompleks Setda Terpadu Boyolali. ‘’Bahkan, Alun-alun Lor akan lebih ramai nantinya,’’ tandasnya. 


(Joko Murdowo/CN40/SM Network)