• KANAL BERITA

PPLN Kairo Terus Gencarkan Sosialisasi Pemilu 2019

Foto: RRI
Foto: RRI

KAIRO, suaramerdeka.com – Saat ditanya mengenai Pemilihan Umum Legislatif dan Presiden 2019, dua dari tiga mahasiswa asal Indonesia di Kairo tidak mengatahui waktu, maupun jumlah partai politik yang akan mengikuti kontestasi Pemilu 2019.

Seperti dikutip dari RRI, salah satu mahasiswa bernama Andi Akbar mengaku tidak tahu sama sekali mengenai Pemilu yang akan berlangsung 2019.

“Belum tahu tahapan Pemilu 2019, waktu pelaksanaan junga nga tahu. Saya juga tidak tahu sudah terdaftar atau belum,” kata Andi.

Untuk mengantisipasi ketidaktahuan tersebut,  Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN)  Kairo gencar melakukan sosailisasi, untuk memberikan pemahaman pelaksanaan Pemilihan umum (Pemilu) Presiden dan Legislatif. Seperti yang digelar pada Jumat (25/5) waktu setempat, sekitar 100 orang mahasiswa, yang berasal dari Sulawesi, mengikuti sosialisasi di Kairo.

Pada kesempatan tersebut, Ketua PPLN Kairo Amin Abdul Samad mengatakan, pihaknya menargetkan tingkat partisipasi pemilih di Mesir mencapai 78 persen. Sehingga upaya untuk memperkenalkan partai politik yang akan mengikuti Pemilu 2019, terus dilakukan. Termasuk mekanisme, pendaftaran pemilih, hingga waktu Pencoblosaan yang akan direncanakan di Kairo 13 April 2019.

sosialisasi tatap muka ini, imbuh Amin, adalah yang ketiga kalinya. Sebelumnya sudah dilaksanakan di Universitas Al- Azhar dan di Alexandria yang diikuti oleh ratusan orang WNI.

“ Yang paling pertama dan paling utama adalah hari ditetapkan pemungatan suara, di Kairo pada tanggal 13 April 2019.  Yang kedua kita juga mensosialisasikan jumlah partai yang ikut,” kata Amin.

Selain melakukan  tatap muka, PPLN Kairo, mengaku juga memanfaatkan media sosial untuk sosialisasi. Sampai saat ini, ada 5.653 orang calon pemilih yang dianggap memenuhi persyaratan yang sudah berhasil divalidasi PPLN Kairo.


(Adib Auliawan/CN42/SM Network)