• KANAL BERITA

THR PNS Sleman Cair 4 Juni

Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

SLEMAN, suaramerdeka.com - Tunjangan hari raya (THR) bagi PNS di lingkungan Pemkab Sleman akan dicairkan pada 4 Juni mendatang. Total dana THR yang disiapkan senilai Rp 39,5 miliar diperuntukan 9.148 pegawai.

"Secara kebutuhan keuangan, Sleman sudah siap dana. Sesuai instruksi bupati, tunjangan disampaikan kepada yang berhak setidaknya awal minggu kedua puasa," kata Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Sleman Harda Kiswaya, Jumat (25/5).

Pencairan THR PNS ini mengacu pada PP Nomer 19 Tahun 2018. Besaran THR yang diberikan adalah satu kali gaji penuh dikurangi tunjangan beras.

Perhitungan awal diperkirakan dana sudah siap 31 Mei, tapi setelah mempertimbangkan proses administrasi ternyata dibutuhkan waktu sekitar 3-4 hari sampai benar-benar siap diserahkan.

"Perjalanan APBD kita sebenarnya berat karena ada sejumlah proyek yang harus direalisasikan. Tapi sejauh ini kebutuhan mencukupi," imbuhnya.

Kepala Bidang Perbendaharaan BKAD Sleman Purwani Utami menerangkan, tahapan penyaluran THR ini sama dengan proses pencairan gaji bulanan. Pertama yakni membuat daftar gaji kemudian diambil oleh masing-masing SKPD dan diterbitkan surat perintah pencairan. Selanjutnya BKAD mengeluarkan surat perintah membayar.

Pembayaran tunjangan ini akan dilakukan lewat transfer rekening oleh Bank BPD DIY. Selain PNS, THR juga diberikan kepada pekerja harian lepas yang jumlahnya kurang lebih 1.440 orang.

Masing-masing PHL mendapat tunjangan sebesar Rp 500 ribu. Sedangkan pegawai tidak tetap (PTT) yang berjumlah 87 orang, besaran THR yang diberikan adalah satu kali gaji.


(Amelia Hapsari/CN39/SM Network)