• KANAL BERITA

THR PNS Siap Disalurkan

Foto: istimewa
Foto: istimewa

BANDUNG, suaramerdeka.com - Pemprov Jabar menyatakan bahwa pembayaran tunjangan hari raya (THR) bagi sekitar 13.000 PNS dari dana alokasi umum sudah tersedia. Menurut Sekda Jabar, Iwa Karniwa, anggaran tersebut paling lambat sudah masuk kas daerah dua pekan sebelum Lebaran. 

“Itu sudah ada, nanti akan ada mekanisme penyalurannya seperti biasa,” katanya kepada wartawan di Bandung, Jumat (25/5).

Berapa besarannya, terutama angka kenaikan THR-nya, pihaknya masih menghitungnya mengingat adanya komponen-komponen tunjangan yang ditetapkan pemerintah ikut naik.

Pada tahun lalu, THR yang diberikan pada PNS besarannya satu kali gaji. Mengacu pada hitungan rata-rata gaji dan tunjangan PNS Pemprov Jabar, anggarannya sekitar Rp 50 miliar. 

“Ada sekitar Rp 50 miliar, dan anggarannya sudah ada. Tinggal legal pembayarannya saja,” katanya.

Dalam kaitan itu, pihaknya berterima kasih atas kebijakan THR tahun ini kepada Presiden Jokowi. Dia pun berharap PNS dapat membelanjakannya dengan bijak.

“Kami harap THR ini tidak seluruhnya dibelanjakan, kalau bisa ada yang ditabung,” ujarnya.

Selain THR, katanya, anggaran gaji ke-13 yang dibayarkan setelah Lebaran juga dipastikan sudah tersebut. Namun untuk mekanisme pencairannya, Iwa menyebut hal tersebut membutuhkan peraturan presiden.

Dijelaskan, pembayaran THR dan gaji ke-13 sudah menjadi rutinitas pemerintah. Namun, yang membedakan, THR juga diberikan kepada para pensiunan PNS/ASN.


(Setiady Dwi/CN42/SM Network)