• KANAL BERITA

Trek Dominan di Perbukitan, Pemeriksaan Diintensifkan

BANDUNG, suaramerdeka.com - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop II Bandung mengintensifkan pemeriksaan trek di wilayahnya menjelang pelaksanaan Angkutan Mudik dan Balik Lebaran 2018.

"Kita sudah menggelar pemeriksaan ke lintas barat, pekan depan kita rencanakan menyisir lintas timur," tandas PT KAI Daop II Bandung, Saridal, Jumat (25/5).

Lintas barat mencakup trek dari Bandung-Purwakarta hingga Cibungur sedangkan lintas timur tergelar dari Bandung-Tasikmalaya hingga Banjar.

Pemeriksaan mesti dilakukan mengingat trek di wilayah Daop II Bandung dominan melingkari perbukitan. Gangguan seperti longsor harus diantisipasi sejak dini.

Pasalnya, gangguan perjalanan pada masa angkutan puncak pada Juni mendatang itu akan memberikan dampak kurang menyenangkan terutama keterlambatan perjalanan yang tinggi.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, Saridal menyebut bahwa kondisi trek masih membutuhkan penanganan. Untuk itu, dengan waktu yang tersisa, pihaknya akan melakukan optimalisasi.

"Di Km 114 antara Ciganea-Sukatani, itu memerlukan penanganan, masih ada beberapa titik yang harus diperbaiki," tandasnya.

Petak rel di antara kedua stasiun tersebut selama ini memang dikenal sebagai daerah rawan. Untuk itu, pihaknya melakukan pemantauan intensif atas lokasi-lokasi tersebut guna menjamin kelancaran perjalanan.


(Setiady Dwi/CN42/SM Network)