• KANAL BERITA

Pensiunan Dapat THR, Disiapkan Rp 63 Miliar

foto ilustrasi - istimewa
foto ilustrasi - istimewa

TEGAL, suaramerdeka.com – Nasib pensiunan tahun ini berbeda dari tahun lalu. Jika tahun lalu THR hanya diberikan kepada PNS aktif, kali ini pensiunan juga memperoleh THR sebesar satu kali gaji pokok. Peraturan Pemerintah (PP) tentang pemberian Tunjangan Hari Raya (THR) dan gaji ke-13 sudah diteken Presiden Joko Widodo.

Untuk wilayah pantura di Eks Karesindenan Pekalongan, misalnya, setidaknya ada 11.306 pensiunan ASN yang setiap bulannya menerima uang pensiunan bulanan sebesar Rp 31,5 miliar melalui Bank Jateng.

Jika THR dibayarkan bebarengan dengan uang pensiunan bulanan, setidaknya pemerintah harus mengeluarkan kocek Rp 63 miliar di bulan Juni. Jumlah itu dari 31,5 miliar dikalikan dua dari gaji pokok per bulan yang harus disalurkan Bank Jateng sebagai salah satu bank mitra PT Taspen (persero).

‘’Kalau THR kita masih nunggu pengumuman dari pemerintah kapan mau di bayarkan,’’ kata Kepala Kantor Bang Jateng Cabang Tegal, Agus Santoso, yang Koordinator Bank Jateng se-Eks Karesidenan Pekalongan, usai jumpa pers layanan penukaran uag rupiah jelang Lebaran di Kantor BITegal, Kamis (24/5).

Agus mengaku meski telah mendapat kabar pembayaran THR bagi pensiunan ASN, namun pihaknya belum menerima pemberitahuan resmi kapan pastinya. ‘’Jadi kita hanya membayarkan ke pensiunan-pensiunan bekerja sama dengan PT Taspen. Saya belum menghitung besaranya,’’ jelasnya. 

Berbeda dengan tahun lalu, kali ini pensiunan pejabat negara, PNS, TNI, Polri dan penerima tunjangan seperti veteran pejuang perintis kemerdekaan yang tahun lalu tidak menerima THR, kali ini mendapat satu kali gaji pokok/tunjangan yang bersifat pensiun. 


(Tresno Setiadi/CN40/SM Network)