• KANAL BERITA

Para Pendiri Pesantren Dikenal Miliki Sikap Istiqomah

Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

JAKARTA, suaramerdeka.com - Direktur Pendidikan Agama Islam Imam Safei mengajak ASN Ditjen Pendidikan Islam untuk memanfaatkan momentum Ramadan sebagai sarana mempelajari keteladanan tokoh Islam,  termasuk para pendiri pesantren di Indonesia.

Hal ini disampaikan Imam Safei saat memberikan kuliah tujuh menit Ba’da Sholat Dzuhur di Mushalla At-Tarbiyah Ditjen Pendidikan Islam, Kementerian Agama, Rabu (23/5).

Menurut Imam, banyak contoh laku hidup kyai pesantren yang inspiratif, karena sarat nilai yang bisa diambil untuk bekal kehidupan. Sebagai contoh adalah sosok KH Asep Saifuddin Halim, pengasuh Pondok Pesantren Amanatul Ummah Pacet Mojokerto. Ia dikenal konsisten (istiqamah), kerja keras dan komitmen mutu.

“Kita salut dan kagum di usianya yang tidak lagi muda, Kyai Asep menjadi best practices dalam perannya mewujudkan pesantren yang bermutu,” kata Imam Safe’i.

Tokoh inspiratif lain yang dicontohkan adalah Pendiri Pesantren Al-Asyriyah Nurul Iman Parung, Almarhum Habib Saggaf bin Mahdi yang berhasil menjadikan pesantrennya tempat pendidikan ribuan anak-anak yang kurang mampu (mustadháfin).

Dari kisah-kisah tersebut ASN diharapkan dapat melakukan kepeloporan yang akhirnya menjadi branding masing-masing, sekaligus menjadi inspirasi bagi orang lain.


(Fadhil Nugroho Adi, Kemenag/CN41)