• KANAL BERITA

1.249.878 Penduduk Belum Terdaftar JKN-KIS

BPJS KESEHATAN: Kepala Cabang BPJS Kesehatan Cabang Purwokerto Ondrio Nas (berpeci)  menyerahkan dropbox secara simbolis kepada Kepala Kantor Pos Purwokerto Rusdy Hendra  Sanjaya, Selasa (22/5). (Foto: suaramerdeka.com/Gayhul Dhika)
BPJS KESEHATAN: Kepala Cabang BPJS Kesehatan Cabang Purwokerto Ondrio Nas (berpeci) menyerahkan dropbox secara simbolis kepada Kepala Kantor Pos Purwokerto Rusdy Hendra Sanjaya, Selasa (22/5). (Foto: suaramerdeka.com/Gayhul Dhika)

PURWOKERTO, suaramerdeka.com - Masih ada 1.249.878 jiwa penduduk di wilayah Kabupaten Banyumas, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Banjarnegara, dan Kabupaten Cilacap yang belum terdaftar sebagai peserta JKN-KIS. Terkait hal itu, untuk meningkatkan cakupan kepesertaan, BPJS Kesehatan menggandeng PT Pos membuka kanal pendaftaran peserta pekerja bukan penerima upah (PBPU), di Kantor Cabang PT Pos yang tersebar di setiap kecamatan.

Kepala Cabang BPJS Kesehatan Cabang Purwokerto Ondrio Nas mengatakan, sampai dengan Mei 2018 cakupan kepesertaan Kantor Cabang Purwokerto yang meliputi empat wilayah kabupaten yaitu Kabupaten Banyumas, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Banjarnegara, dan Kabupaten Cilacap telah mencapai 3.998.847 jiwa, dari total jumlah penduduk 5.524.878 jiwa, atau sudah mencapai 72,38 %.

"Masih terdapat 1.249.878 jiwa yang belum terdaftar sebagai peserta JKN-KIS, oleh karena itu BPJS Kesehatan bekerjasama dengan PT Pos untuk dapat meningkatkan cakupan kepesertaan karena jangkauan PT Pos yang sudah hadir di setiap kecamatan, tentunya akan semakin mudah bagimasyarakat mendaftar menjadi peserta JKN-KIS," tutur Ondrio seusai melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama antara BPJS Kesehatan Cabang Purwokerto, dengan PT Pos, Selasa (22/5).

Menurutnya dengan kerjasama ini, warga yang belum terdaftar sebagai peserta JKN-KIS dapat melakukan pendaftaran pada kantor pos di setiap kecamatan, selain juga dapat mendaftar melalui aplikasi mobile JKN, care center 1500400, website BPJS Kesehatan, mobile customer service, dan kantor kecamatan. Dengan demikian, calon peserta tidak perlu jauh-jauh datang ke kantor BPJS Kesehatan, cukup di kantor pos terdekat. Dengan demikian, diharapkan target mencapai Universal Health Coverage (UHC) pada 1 Januari 2019, dapat tercapai.

Sementara itu, Kepala Kantor Pos Purwokerto Rusdy Hendra Sanjaya mengatakan, pihaknya siap membantu BPJS kesehatan. Dengan jaringan yang dimiliki, akan mendukung upaya BPJS Kesehatan, yang salah satunya memperluas kanal pendaftaran. Namun untuk sementara, pelayanan kanal pendaftaran baru bisa dilayani pada kantor pos, adapun untuk agen pos akan menyusul di kemudian hari.

Ditambahkan Ondrio, kerjasama yang sudah terjalin dengan PT Pos terutama Kantor Pos Purwokerto tidak terbatas pada fasilitas kanal pendaftaran peserta PBPU, melainkan juga dalam bentuk pengiriman surat, dokumen kartu JKN-KIS, serta pick up dokumen pendaftaran


(Gayhul Dhika/CN41/SM Network)