• KANAL BERITA

Ramadan, Alokasi Gas di Kota Magelang Dijamin Cukup

BONGKAR MUAT: Petugas di Koperasi PKK Kota Magelang bongkar muat gas elpiji 3 kg yang alokasi di bulan Ramadan ini mencukupi dan akan ditambah di Lebaran nanti. (Foto: suaramerdeka.com/Khalid Yogi)
BONGKAR MUAT: Petugas di Koperasi PKK Kota Magelang bongkar muat gas elpiji 3 kg yang alokasi di bulan Ramadan ini mencukupi dan akan ditambah di Lebaran nanti. (Foto: suaramerdeka.com/Khalid Yogi)

MAGELANG, suaramerdeka.com – Pemkot Magelang memastikan alokasi gas elpiji 3 kilogram cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di bulan Ramadan. Bahkan, diprediksi bakal lebih dari cukup, mengingat alokasi saat Lebaran nanti ditambah sekitar 7 persen.

Kepala Bagian Perekonomian Setda Kota Magelang, Saleh Apriyanto mengatakan, kepastian ini didapat setelah pihaknya menggelar rapat bersama pihak-pihak terkait, beberapa waktu lalu. Terutama dari kalangan agen yang menjamin tidak ada kelangkaan gas bersubsidi di bulan puasa ini.

“Alokasi gas di tiga agen cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama bulan puasa,” ujarnya di kantornya, Rabu (23/5).

Dia menuturkan, alokasi di bulan Mei berkisar 180-182 ribu tabung yang tersebar di tiga agen, yakni Koperasi PKK, Fatima, dan Mitra Migas Sejati. Masing-masing agen mendapatkan jumlah alokasi yang berbeda, mengingat jumlah pangkalan di bawahnya pun berbeda.

“Menurut rencana, Pertamina akan menaikkan alokasinya saat Lebaran nanti. Hal ini karena kebutuhan menjelang dan setelah Lebaran akan meningkat lebih banyak dibanding peningkatan di bulan Puasa ini,” katanya.

Menengok empat bulan ke belakang, Saleh menyebutkan, penggunaan gas melon di masyarakat ada kecenderungan menurun. Hal ini terlihat dari realisasi penyaluran dari Pertamina ke agen yang menurun cukup banyak tiap bulannya.

 “Kami melihat di bulan Mei ini penggunaan sedikit meningkat, karena usaha kecil menggeliat dengan berjualan aneka takjilan berbuka puasa. Hal ini membuat penyaluran ke agen juga sedikit meningkat dibanding bulan April lalu atau berkisar 180-182 ribu tabung,” tuturnya.

Senada disampaikan Staf Koperasi PKK Kota Magelang, Saifudin bahwa, alokasi gas melon ke masyarakat di bulan Ramadan dijamin cukup. Pihaknya sendiri mendapat sedikit tambahan jatah dari Pertamina di bulan Mei ini.

“Kalau April lalu jatahnya 70.780 tabung, di bulan Mei ini naik menjadi 77.480 tabung. Biasa, di bulan Ramadan kebutuhan gas naik, karena usaha-usaha makanan geliatnya meningkat,” ucapnya.


(Asef Amani/CN41/SM Network)