• KANAL BERITA

Puasa, Tentara Kodim Jogja Bongkar Senjata

BONGKAR SENJATA: Sejumlah tentara Kodim 0734/Yogyakarta melakukan kegiatan bongkar senjata dalam rangka Minggu Militer di lapangan apel Makodim Jogja, Rabu (23/5). (Foto suaramerdeka.com/Gading Persada)
BONGKAR SENJATA: Sejumlah tentara Kodim 0734/Yogyakarta melakukan kegiatan bongkar senjata dalam rangka Minggu Militer di lapangan apel Makodim Jogja, Rabu (23/5). (Foto suaramerdeka.com/Gading Persada)

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com - Bulan puasa tak mengendurkan semangat para tentara anggota Kodim 0734/Yogyakarta untuk menjalankan tugas rutin sehari-hari. Termasuk melakukan kegiatan bongkar senjata yang berlangsung di lapangan apel Makodim Jogja, pagi tadi.

“Kebetulan bongkar senjata ini dilakukan dalam ranga kegiatan Minggu Militer untuk bulan Mei 2018,” tutur Perwira Seksi Operasi Kodim 0734/Yogyakarta Kapten Kav Yohannes disela-sela kegiatan, Rabu (23/5).

Kapten Yohannes yang bertugas sebagai sepengawas dan pemateri pelatihan menjelaskan kegiatan bongkar senjata diberikan kepada prajurit perwira, bintara dan tamtama di lingkungan Kodim Jogja. Materi pelatihan diberikan dengan menggunakan sejumlah senjata seperti M-16 dan pistolo P-1. Sebelum latihan, Kapten Kav Yohanes terlebih dahulu menjelaskan tentang anatomi dan teknis pelaksanaan bongkar pasang senjata api. Menurutnya, latihan bongkar pasang senjata ini sangat berguna untuk meningkatkan kemampuan setiap personelnya.

“Kami berharap semua personel Kodim 0734/Yogyakarta tidak hanya mahir menembak, tetapi juga terampil saat melakukan bongkar pasang senjata,” ujarnya saat mengawasi anggota melakukan latihan bongkar pasang senjata.

Dia menambahkan keterampilan dalam membongkar pasang senjata telah dimiliki oleh setiap prajurit dan telah didapatkan selama menempuh pendidikan. Untuk itu, saat ini hanya sebagai latihan untuk mengasah kembali agar lebih mahir dan tidak lupa.

“Dengan adanya latihan ini juga dapat dimanfaatkan oleh setiap prajurit dalam membersihkan senjata dan mempersiapkan senjata mereka untuk bisa digunakan sewaktu-waktu. Karena banyak kejadian pada saat digunakan, senjata tidak dapat berfungsi dengan baik,” tandasnya.

Tak hanya bongkar senjata, saat puasa tentara-tentara di lingkungan Kodim Jogja juga tetap semangat melaksanakan karya bakti seperti pembersihan sampah di wilayah Koramil 03/Gondokusuman.

“Kegiatan ini merupakan bentuk nyata kepedulian TNI terhadap lingkungan. Kami para Babinsa bersama dengan masyarakat saling koordinasi mengenai apa yang akan menjadi target sasaran kegiatan peduli lingkungan TNI,” sambung Wakil Danramil Gondokusuman Kapten Inf Purwanto. 


(Gading Persada /CN19/SM Network)