• KANAL BERITA

Wonogiri Usulkan 430 Formasi CPNS

Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

WONOGIRI, suaramerdeka.com - Tahapan perekrutan CPNS kemungkinan besar akan dimulai bulan Juni mendatang. Pemkab Wonogiri telah mengusulkan sebanyak 430 formasi CPNS kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN & RB).

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Wonogiri, Rumanti Permanandiyah mengungkapkan, kepastian perekrutan CPNS itu dia peroleh setelah mendapatkan informasi melalui telepon dari pejabat KemenPAN & RB.

"Saya dapat telepon dari KemenPAN & RB, bahwa mulai bulan depan kami akan sangat sibuk. Perekrutan CPNS positif dilaksanakan mulai Juni," katanya, Selasa (22/5).

Semula, Pemkab mengusulkan penambahan CPNS sebanyak 3.445 orang atas dasar total kebutuhan PNS di kabupaten tersebut. Namun, pemerintah pusat kemudian mengeluarkan kebijakan baru, bahwa usulan CPNS hanya sebanyak jumlah pegawai yang pensiun tahun ini.

"Kekurangan PNS di Wonogiri sebenarnya mencapai 3.445 orang, sehingga kami semula mengusulkan penambahan CPNS sebanyak itu. Ternyata ada kebijakan baru yang mengatur usulan penambahan CPNS sebanyak jumlah pegawai pensiun. Pada 2018 ini, jumlah PNS yang pensiun sebanyak 430 orang," terangnya.

Adapun formasi yang disediakan hanya meliputi tiga bidang, yakni pendidikan, kesehatan, dan pegawai teknis di bidang infrastruktur. Padahal, Pemkab Wonogiri juga mengalami banyak kekurangan PNS di bidang lain.

"Kami sebenarnya juga sangat banyak kekurangan staf dan tenaga administriasi. Bahkan, banyak kepala seksi (Kasi) yang tidak punya staf," imbuhnya.

Menurutnya, pemerintah pusat hanya membuka formasi CPNS di tiga bidang tersebut karena kebutuhan guru sangat banyak untuk memajukan pendidikan anak. Selain itu, pemerintah sedang gencar menggelar program Indonesia Sehat, sehingga membutuhkan sumber daya manusia dalam jumlah besar.

Di sisi lain, pihaknya belum memperoleh surat edaran resmi dari KemenPAN & RB mengenai kepastian jumlah formasi yang disetujui dalam perekrutan CPNS mendatang. Perekrutan CPNS akan disesuaikan dengan kemampuan keuangan negara.

Tes CPNS akan menerapkan Computer Assisted Test (CAT), sehingga nilai tes langsung bisa diketahui masyarakat. "Dengan cara itu, nanti tidak bisa titip-titipan karena nilainya langsung keluar dan diketahui semua peserta," katanya.


(Khalid Yogi/CN39/SM Network)