• KANAL BERITA

876.665 Surat Suara Tiba di Wonogiri

MENURUNKAN MUATAN : Sejumlah pegawai KPU Kabupaten Wonogiri menurunkan muatan berupa surat suara untuk Pilgub Jateng di kantor KPU Wonogiri, Selasa (22/5). (suaramerdeka.com/Khalid Yogi)
MENURUNKAN MUATAN : Sejumlah pegawai KPU Kabupaten Wonogiri menurunkan muatan berupa surat suara untuk Pilgub Jateng di kantor KPU Wonogiri, Selasa (22/5). (suaramerdeka.com/Khalid Yogi)

WONOGIRI, suaramerdeka.com - Sebanyak 876.665 surat suara untuk Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jateng telah tiba di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Wonogiri, Selasa (22/5).

Adapun tinta sudah diterima KPU Wonogiri sejak 15 Mei lalu. Setelah itu, beberapa logistik lain juga akan dikirim, antara lain berupa formulir, sampul, alat tulis kantor, dan perlengkapan pemungutan suara.

Ketua KPU Kabupaten Wonogiri, Matnawir mengatakan, tinta yang sudah diterima sebanyak 4.066 botol. "Jumlah TPS di Wonogiri sebanyak 2.033 buah, sehingga nanti setiap TPS akan mendapat dua botol tinta," ujarnya.

Sementara itu, surat suara yang diterima sebanyak jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) ditambah 2,5% dari DPT tersebut. "DPT Wonogiri sebanyak 854.334 orang, sehingga surat suaranya sebanyak 876.665 lembar," imbuhnya.

Surat suara tersebut hanya dilipat satu kali oleh pabrik percetakan. Rencananya, proses pelipatan akan dilanjutkan di Wonogiri pada Rabu (23/5). "Surat suaranya akan kami sortir dulu, baru dilakukan pelipatan," ujarnya.

Proses distribusi surat suara dan logistik lainnya ke TPS-TPS akan dilakukan setelah lebaran mendatang. Hal itu untuk menjaga keamanan logistik Pilgub. Pihaknya menargetkan seluruh logistik akan diterima di tingkat TPS sehari sebelum pemungutan suara.

Adapun pemungutan suara rencananya dilaksanakan tanggal 27 Juni mendatang, atau sepuluh hari setelah lebaran. Pihaknya berharap momentum itu mampu menaikkan partisipasi pemilih di ajang Pilgub Jateng. Pasalnya, banyak perantau yang mudik di masa lebaran.

"Banyak warga Wonogiri yang merantau. Kami berpesan kepada para perantauan agar ikut menggunakan hak pilihnya saat mudik nanti. Jangan pulang (kembali ke kota) dulu sebelum mencoblos," pesannya.


(Khalid Yogi/CN39/SM Network)