• KANAL BERITA

Warga dan CV Citra Batu Akan Pertemukan

foto ilustrasi - istimewa
foto ilustrasi - istimewa

PATI, suaramerdeka.com - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pati berencana mempertemukan warga dengan pemilik usaha penggilingan batu di Desa Sumberrejo, Kecamatan Gunungwungkal yang diprotes warga, beberapa waktu lalu.

Kepala DLH, Purwadi mengatakan, pihaknya telah meninjau langsung hingga memeriksa kelengkapan perizinan operasional CV Citra Batu yang dikeluhkan oleh warga tersebut. Dari hasil pemeriksaan semua dokumen milik CV Citra Batu disebutkan tidak ada masalah.

Namun dengan munculnya aksi warga Dinas akan berupaya melakukan komunikasi lebih lanjut. Purwadi akan mempertemukan warga dengan perusahaan penggilingan batu untuk mencari solusi terbaik.

‘’Harapannya bisa mendapat solusi apalagi secara teknis dan perizinannya sudah memenuhi syarat. Namun tentu kami tetap berpesan kepada pihak penggilingan agar selalu melakukan bina lingkungan dengan warga sekitar,’’ imbuhnya.  

Dia meminta masyarakat dapat tetap tenang hingga ada pertemuan kedua belah pihak tersebut. Dalam pertemuan, lanjut Purwadi, warga yang keberatan diharapkan bisa menyampaikan segala keluhannya.

Seperti diketahui, puluhan warga Desa Sumberrejo pada Selasa (15/5) melakukan aksi unjuk rasa. Warga resah karena polusi udara yang ditimbulkan dari proses penggilingan batu di perusahaan tersebut.

Tak hanya itu perusahaan tersebut disinyalir didirikan tanpa sepengetahuan warga setempat. Ironisnya, semua perusahaan penggilingan batu di Desa Sumberrejo tersebut, yakni tujuh perusahaan, semuanya berasal dari luar daerah.


(Beni Dewa/CN40/SM Network)