• KANAL BERITA

Kepemimpinan Wihaji-Suyono Membangun Batang, Diapresiasi Forkopimda

Bupati Batang Wihaji saat memberikan kata sambutan dalam kegiatan Refleksi satu tahun kepemimpinan Wihaji-Suyono. (suaramerdeka.com/Kasirin Umar)
Bupati Batang Wihaji saat memberikan kata sambutan dalam kegiatan Refleksi satu tahun kepemimpinan Wihaji-Suyono. (suaramerdeka.com/Kasirin Umar)

BATANG, suaramerdeka.com - Refleksi satu tahun kepemimpinan Bupati Batang Wihaji dan Wakil Bupati (Wabup) Suyono mendapat apresiasi dari Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Batang. Mereka (unsur Forkopimda) menilai kepemimpinan Wihaji-Suyono cukup berhasil dalam membangun Batang.

Acara tersebut digelar di aula pemkab setempat, dihadiri segenap Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan undangan lainnya, Selasa sore (22/5).

Kapolres Batang, AKBP Edi Suranta Sinulingga mengatakan, kepemimpinan Wihaji-Suyono cukup bagus, terlihat Kabupaten Batang bisa meraih prestasi terbaik kedua di Jawa Tengah untuk pelayanan perizinan.

“Kami mengetahui dalam penggunaan anggaran, pengelolaan keuangannya sudah tersistem secara transparan dan akuntabel, serta lebih mengutamakan kepentingan rakyat. Kami juga menyadari karena keterbatasan anggaran, pengajuan anggaran yang kami ajukan untuk pembangunan (markas) Polsek di kecamatan pemekaran belum terealisasi,” ujar AKBP Edi Suranta Sinulingga.

Sementara itu Kepala Kejaksaan Negeri Batang, Nova Elida Saragih menambahkan, refleksi merupakan cermin diri untuk evaluasi dalam satu tahun memimpin Batang. “Yang saya lihat (dari) bulan ke bulan ada perubahan yang signifikan,” kata Nova Elida Saragih.

Dikatakan, Wihaji-Suyono komitmen dan semangat untuk membangun Batang. “Walau pun Batang tidak setenar dengan daerah lain, tetapi dengan potensi yang dimiliki Batang, dengan kerja keras bersama rakyat, Batang sudah mulai tenar," tambahnya. 

“Setelah kita melihat satu tahun kepemimpinannya (Wihaji-Suyono), Batang dengan segala potensinya sudah mulai terlihat. Jalan perkotaan sudah mulai diperbaiki, sektor pariwisata sudah mulai ditata,” sebut Nova Elida Saragih.

Bupati Batang, Wihaji menyebutkan, dalam satu tahun kepemimpinannya lebih fokus pada konsolidasi dengan rakyat dan di internal OPD, sekaligus berusaha belajar tentang ilmu tata kelola pemerintahan.

“Saya memang memiliki mimpi yang besar untuk membangun Batang, dan mimpi saya itu akan saya wujudkan. Saya punya keyakinan dengan timwork yang baik akan bisa mengubah Kabupaten Batang untuk lebih sejahtera,” tegas Wihaji.

Diungkapkan, sebagai pemimpin harus bisa memberikan inspirasi dan solusi kepada rakyat yang di pimpimpinnya. “Kita harus melayani dan memberikan motivasi serta keyakinan untuk bisa maju, karena kita memiliki potensi yang luar biasa. Di tahun pertama program sosial yang merupakan program prioritas, sudah kita jalankan,” ucap Wihaji.

Ada pun di tahun kedua, tambah Wihaji, adalah membangun infrastruktur untuk meningkatkan kehidupan ekonomi dan sosial masyarakat. Yakni, berupa pembangunan jalan dan irigasi.

“Juga pengembangan Pelayanan Terpadu Satu Pintu ( PTSP), dan smart city yang tidak berdasarkan keinginan teknologi. Tetapi kebutuhan masyarakat sesuai kebutuhan publik dengan layanan efektif, efisien dan sederhana. Dilanjutkan pengembangan investasi dengan Perda RTRW yang baru. Maka bagi Kepala OPD yang tidak bisa mengikuti akan kita tinggalkan,” pungkas Wihaji.


(Kasirin Umar/CN40/SM Network)