• KANAL BERITA

Pengawasan Lingkungan Perlu Ditingkatkan

DANA HIBAH: Sekretaris Daerah Kabupaten Semarang, Gunawan Wibisono menyerahkan bantuan dana hibah pembangunan masjid senilai Rp 10 juta kepada perwakilan Takmir Masjid Al Barokah, Dusun Gemawang, Munding, Kecamatan Bergas. (suaramerdeka.com/Ranin Agung)
DANA HIBAH: Sekretaris Daerah Kabupaten Semarang, Gunawan Wibisono menyerahkan bantuan dana hibah pembangunan masjid senilai Rp 10 juta kepada perwakilan Takmir Masjid Al Barokah, Dusun Gemawang, Munding, Kecamatan Bergas. (suaramerdeka.com/Ranin Agung)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Warga diminta untuk meningkatkan kewaspadaan dalam mengawasi lingkungan. Permintaan tersebut disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Semarang, Gunawan Wibisono, ketika menghadiri Tarhim Pemkab Semarang di Masjid Al Barokah, Dusun Gemawang, Munding, Kecamatan Bergas, Senin (21/5) malam.

Pengawasan ekstra, menurutnya, perlu diterapkan termasuk mewaspadai keberadaan orang asing atau pendatang baru yang dinilai mencurigakan. “Itu sebagai langkah antisipasi menyikapi teror bom yang terjadi di sejumlah tempat belum lama ini. Jika perlu, tanya detail identitas pendatang yang tinggal menetap. Ketua RT dan RW perlu menggiatkan kewajiban bertamu 1 x 24 jam wajib lapor,” katanya.

Kepada warga yang hadir, Sekda kembali mengingatkan agar tidak mudah terpancing oleh berita atau informasi di media sosial. Menyusul info yang dimaksud belum tentu benar sesuai fakta di lapangan. “Jangan mudah percaya bahkan terpancing isu dari media sosial yang belum tentu benar. Silahkan tanya ke instansi terkait termasuk ke polisi,” jelasnya.

Perwakilan Takmir Masjid Al Barokah, Sugito, dalam sambutannya berharap Pemkab Semarang terus menjalin komunikasi dengan warga. Dengan demikian, dia optimistis seluruh keluhan dan kebutuhan warga dapat dipenuhi. “Kalau ada kegiatan seperti ini, warga dapat menyampaikan aspirasinya,” ujar dia.

Kabag Kesra Setda Kabupaten Semarang, M Risun, melalui Staf Fungsional Pelaksana Tarhim, Tri Toro menuturkan, tarhim memang dilaksanakan rutin setiap tahun. Salah satu tujuannya untuk menjalin komunikasi pembangunan dan mendorong partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan daerah.

Untuk tahun ini, tarhim dilaksanakan di 19 desa yang tersebar di seluruh kecamatan atas usulan para Camat. Selain Sekda, Bupati dan Wakil Bupati Semarang juga dijadwalkan bergantian menghadiri tarhim yang telah dijadwalkan sebelumnya.

Ada pun bantuan yang diserahkan ke Desa Munding, di antaranya dana hibah pembangunan masjid senilai Rp 10 juta. Bantuan lampu lalu lintas dan rompi untuk anggota linmas dari Dinas Satpol PP dan Damkar serta alat kebersihan dari Baznas Kabupaten Semarang. Selain itu juga bantuan peralatan pengolahan lahan atau kultivator senilai Rp 20 juta untuk Kelompok Tani Usaha Sejahtera Desa Munding dan bantuan BKB-Kit untuk pelaku KB di Desa Gebugan, Bergas Kidul dan Jatijajar Bergas.

“Sekda Gunawan Wibisono juga menyerahkan Hibah Perbaikan Rumah Tidak Layak Huni senilai Rp 381.900.000,- yang diterima Camat Bergas Tri Martono,” tuturnya.


(Ranin Agung/CN40/SM Network)