• KANAL BERITA

Ketegangan Geopolitik Iran dan Venezuela Dorong Kenaikan Harga Minyak Mentah Dunia

Foto: istimewa
Foto: istimewa

NEW YORK, suaramerdeka.com - Harga minyak mentah dunia mengalami kenaikan pada akhir perdagangan Senin di New York Mercantile Exchange dan London ICE Futures Exchange. Kenaikan itu lantaran terdorong ketegangan geopolitik mengenai Iran dan Venezuela. Harga minyak melonjak dalam beberapa pekan terakhir sebelumnya karena dipicu kekhawatiran geopolitik bahwa sanksi Amerika Serikat terhadap Iran dapat mengurangi pasokan minyak mentah negara itu.

Untuk pengiriman Juni, patokan Amerika Serikat, minyak mentah West Texas Intermediate (WTI), harganya naik 0,96 dolar AS menjadi menetap di 72,24 dolar AS per barel di New York Mercantile Exchange. Untuk patokan global, minyak mentah Brent, untuk pengiriman Juli harganya naik 0,71 dolar AS menjadi ditutup pada 79,22 dolar AS per barel di London ICE Futures Exchange menurut warta kantor berita Xinhua.

Sanksi kepada Iran dikenakan Amerika Serikatsetelah Presiden Donald Trump pekan lalu mengumumkan negaranya menarik diri dari kesepakatan nuklir Iran, perjanjian internasional penting yang ditandatangani pada 2015.

Para pedagang bertaruh tindakan tersebut akan mengurangi pasokan minyak mentah global. Beberapa analis mengatakan sanksi bisa menghapus satu juta barel per hari minyak mentah Iran dari pasar, sementara yang lain mengatakan dampaknya akan terbatas menjadi kurang dari 500.000 barel per hari. Pasar sekarang juga mempertimbangkan kemungkinan tambahan sanksi AS terhadap Venezuela setelah pemilihan presiden negara tersebut dimenangkan oleh Presiden Nicolas Maduro.


(Red/CN26/SM Network)