• KANAL BERITA

PNS Dituntut Terapkan Budaya Kerja 'Satriya'

Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

SLEMAN, suaramerdeka.com - Budaya pemerintahan 'satriya' yang merupakan akronim dari selaras, akal budi luhur-jati diri, teladan-keteladanan, rela melayani, inovatif, yakin percaya diri, dan ahli professional, harus melekat menjadi etos kerja PNS di lingkungan Pemkab Sleman.

Hal ini sebagaimana diatur dalam Peraturan Gubernur DIY Nomor 72 Tahun 2008 tentang Budaya Pemerintahan. Demikian disampaikan Kabag Organisasi Setda Sleman Susmiarto saat acara sosialisasi pelaksanaan budaya pemerintahan 'satriya', kemarin.

Acara sosialisasi yang diadakan selama dua hari, Senin (21/5) dan Selasa (22/5) di aula lantai III Setda Sleman itu merupakan bagian dari upaya pembinaan tersebut. 

Kegiatan ini diikuti oleh sekretaris dinas dan kepala bagian masing-masing OPD, serta kepala UPT. Soal aturan budaya 'satriya', Susmiarto menerangkan, Pergub itu telah dilanjuti dengan penetapan Peraturan Bupati Sleman Nomor 14 tahun 2018.

Tujuan pembentukan Perbup ini agar pemerintah daerah dan desa memiliki sikap dan perilaku 'satriya' dalam kehidupan pribadi, keluarga, tugas kedinasan, maupun bermasyarakat. 

"Landasan filosofi 'satriya' adalah hamemayu hayuning bawana yang bermakna kewajiban melindungi, memelihara, dan membina keselamatan dunia. Selain itu maknanya lebih mementingkan berkarya untuk masyarakat daripada memnuhi ambisi pribadi,” jelas dia.

Sementara itu, Sekda Kabupaten Sleman Sumadi meminta kepada seluruh aparatur pemerintah untuk menyukseskan gerakan revolusi mental, dan pelaksanaan reformasi birokrasi yang mendukung budaya pemerintahan 'satriya'. Untuk mewujudkannya, ASN harus berkomitmen untuk melakukan perubahan mental, dan meningkatkan kompetensi.

Di tingkat atas, para elit juga harus dapat memberikan motivasi dan inspirasi. Tidak kalah penting, pemimpin dituntut mencegah terjadinya praktek KKN, sekaligus meningkatkan akuntabilitas kinerja melalui transparansi dan perbaikan kualitas pelayanan publik.


(Amelia Hapsari/CN39/SM Network)