• KANAL BERITA

Tim Gabungan Tertibkan Pedagang Pasar Kertek

Kapolsek Kertek AKP Deni Wibowo memberikan imbauan saat melakukan penertiban pedagang Pasar Kertek Wonosobo, Minggu (20/5) lalu. (suaramerdeka.com/M Abdul Rohman)
Kapolsek Kertek AKP Deni Wibowo memberikan imbauan saat melakukan penertiban pedagang Pasar Kertek Wonosobo, Minggu (20/5) lalu. (suaramerdeka.com/M Abdul Rohman)

WONOSOBO, suaramerdeka.com - Petugas gabungan dari Dinas Perhubungan, Satpol PP, Polsek dan Koramil Kertek melakukan penertiban kepada pedagang Pasar Kertek Wonosobo yang memadati jalur provinsi, Minggu (20/5) lalu. Penertiban dilakukan, guna menata para pedagang dan melancarkan arus lalu lintas di jalur provinsi Wonosobo-Purworejo yang kerap macet akibat sejumlah pedagang berjualan di pinggir jalan.

Kapolsek Kertek, AKP Deni Wibowo menyebutkan, momen Ramadan masih banyak pedagang berjualan dipinggir jalan. Pihaknya bersama tim gabungan berupaya menertibkan para pedagang agar berjualan di komplek pasar. "Jika berjualan di pinggir jalan, selain macet juga rawan terjadi kecelakaan. Jadi kami berupaya menertibkan mereka," ujar dia, memimpin penertiban.

Pihaknya berharap para pedagang mematuhi peraturan yang ada. Jika berdagang tertib, selain membuat nyaman kegiatan jual beli juga akan membuat siatuasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) terjaga. "Penertiban juga dilakukan, agar pedagang tidak semakin berlarut berjualan di pinggir jalan. Diharapkan menjelang Lebaran, jalan lancar dan tidak macet," harap dia.

Selain itu, diharapkan pedagang juga bisa meciptakan kebersihan lingkungan pasar tetap terjaga. Pedagang diminta membuang sampah pada tempatnya dan tidak membuang sampah di sungai. "Ketertiban, keamanan dan kebersihan lingkungan pasar menjadi tanggung jawab juga bagi para pedagang. Jadi, kami berharap berdagang yang tertib dan teratur," harapnya.

Sekretaris Satpol PP Wonosono, Suratman menyebutkan, pihaknya senantiasa mendukung kegiatan penertiban pedagang, guna memperlancar arus lintas dan menciptakan keamanan dan kenyamanan lingkungan di pasar. "Semoga pedagang yang sudah ditertibkan, berjualan di tempat yang semestinya dan tidak mengganggu aktivitas masyarakat lain," tuturnya.


(M Abdul Rohman/CN40/SM Network)