• KANAL BERITA

Kopi Merapi Incar Pasar Finlandia

Foto Istimewa
Foto Istimewa

SLEMAN, suaramerdeka.com - Komoditi kopi produksi petani Kabupaten Sleman atau dikenal dengan sebutan kopi Merapi, terus diperluas pasarnya.   Produsen kini tidak sekedar membidik pangsa lokal tapi juga internasional.

Salah satu negara tujuan yang tengah diincar adalah Finlandia. Beberapa waktu lalu, Pemkab Sleman bekerjasama dengan KBRI Helsinki telah mempromosikan produk kopi Merapi di Helsinki Coffee Festival 2018. Langkah itu direspon positif dengan adanya kunjungan balasan dari para pelaku usaha kopi, tour operator, dan jurnalis dari Finlandia ke Kabupaten Sleman.

Melihat besarnya manfaat yang diperoleh, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sleman Tri Endah Yitnani berharap kerjasama antara Indonesia dan Finlandia tidak berhenti sampai disini saja. "Harapannya ada semacam MoU atau kontrak agar produk kita diekspor ke sana," kata Endah, Senin(21/5).

Pihak KBRI juga berjanji akan membantu pengurusan HAKI agar produk dari Sleman bisa tembus di Finlandia, dan tidak diklaim oleh negara lain. Produk yang akan diproses HAKI tidak hanya kopi tapi juga kerajinan dan batik. 

Sebelumnya, Fungsi Ekonomi KBRI Helsinki, Erly Wijayani mengatakan, program famtrip ke Sleman difokuskan untuk memperkenalkan produk yang dihasilkan oleh masyarakat Sleman kepada publik Finlandia. "Program ini terintegrasi tidak hanya soal turisme tapi keseluruhan, kami ingin mempromosikan Sleman kepada masyarakat Finlandia dan Estonia dari segala sisi. Kami menilai ini merupakan langkah yang efektif karena mencakup sektor ekonomi, pariwisata, dan budaya," katanya.

Dengan mengajak partisipan dari tiga latar belakang yang berbeda, masing-masing memiliki tujuan yang spesifik. Semisal untuk tour operator, sasarannya adalah memperbanyak paket tur sedangkan pengusaha kopi diharapkan akan lebih mengenalkan produk kopi unggulan dari Sleman kepada pengusaha dan roaster di Finlandia.


(Amelia Hapsari/CN19/SM Network)