• KANAL BERITA

Delapan Satwa Dilindungi Dilepaskan di Kawasan Sermo

Foto: Tugu Wisata
Foto: Tugu Wisata

KULONPROGO, suaramerdeka.com – Delapan ekor satwa dilindungi yang telah direhabilitasi di Wildlife Rescue Center (WRC) Jogja, dilepasliarkan di Kawasan Suaka Margasatwa Sermo, Sabtu (19/5).

Delapan ekor satwa tersebut yakni 5 ekor Musang Pandan (Paradoxurus hermaphroditus) yang dirawat dan direhabilitasi sejak 18 September 2013, dua ekor Kucing hutan/ blacan (Prionailurus bengalensis) dirawat dan direhabilitasi sejak 4 Agustus 2017, serta satu ekor Landak Jawa (Hystrix javanica) dirawat dan direhabilitasi sejak 4 Agustus 2017.

Seluruh satwa tersebut merupakan satwa hasil sitaan dari perdagangan ilegal pada tahun 2013 dan 2017 silam dan telah direhabilitasi di WRC Jogja yang merupakan site project di bawah Yayasan Konservasi Alam Yogyakarta (YKAY) yang berlokasi di Paingan, Desa Sendangsari, Pengasih, Kulonprogo.

Dokter Hewan WRC Jogja, drh. Irhamna Putri Rahmawati mengungkapkan, kedelapan satwa liar tersebut menunjukkan kelayakan dari sisi kesehatan serta perilaku untuk dikembalikan ke habitatnya.

Sebelum dilepasliarkan, semua satwa diperiksa kesehatannya, meliputi pemeriksaan fisik serta pemeriksaan laboratorium. Dari semua hasil pemeriksaan, kedelapan satwa tersebut layak untuk dilepasliarkan. “Semua satwanya sehat, tidak ada penyakit dan perilakunya layak untuk dikembalikan lagi ke alam,” katanya.

Koordinator Bidang Konservasi YKAY, Rosalia Setiawati mengatakan, seluruh satwa yang dilepasliarkan tersebut merupakan hasil penegakan hukum yang dilakukan oleh pihak Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA).

Selain itu ada pula yang merupakan hasil operasi gabungan Kepolisian dengan LSM di bidang satwa seperti COP (Center for Orangutan Protection). “Ada yang merupakan hasil operasi tahun 2013 di Muntilan, Jawa Tengah, Jawa Timur serta Bantul,” katanya.

Kegiatan pelepasliaran satwa liar kembali ke habitatnya, kata Rosa, merupakan salah satu tujuan dari YKAY sebagai lembaga konservasi.


(Panuju Triangga/CN33/SM Network)