• KANAL BERITA

Samsat Tegal Buka Layanan Ngabuburit

Foto: Petugas Samsat Kota Tegal melayani pajak kendaraan  dengan mobil keliling yang juga melayani waktu ngabuburit di bulan Ramadan di berbagai tempat di Kota Tegal.  (suaramerdeka.com/Tresno Setadi)
Foto: Petugas Samsat Kota Tegal melayani pajak kendaraan dengan mobil keliling yang juga melayani waktu ngabuburit di bulan Ramadan di berbagai tempat di Kota Tegal. (suaramerdeka.com/Tresno Setadi)

TEGAL, suaramerdeka.com - Unit Pelayanan Pendapatan Daerah (UPPD) atau Sistem Manunggal Satu Atap (Samsat) Kota Tegal selama bulan puasa membuka layanan Samsat Ngabuburit. Layanan tersebut diadakan di Alun-alun Kota Tegal dan di depan Kantor Samsat di Jalan Kapten Sudibyo saat sore hari menjelang magrib tiba.

Kepala Samsat Kota Tegal Supriyono mengatakan, dengan adanya layanan baru ini diharapkan masyarakat bisa memanfaatkannya. Terutama untuk pengesahan STNK kendaraan bermotornya sambil menunggu waktu berbuka puasa.

Pri, panggilan akrab kepala Samsat ini  mengungkapkan, selama puasa ini ada  perubahan waktu dalam hal pelayanan. Untuk hari Senin-Kamis dimulai pukul 08.00-14.00 dengan jam istirahat pukul 12.00-12.30 siang.

Untuk hari Jumat pelayanan mulai pukul 08.00-14.30 dan waktu istirahat pukul 11.30-12.30 siang. Sedangkan untuk hari Sabtu, pelayanannya mulai pukul 08.00-14.00 dan waktu istirahat dimulai pukul 12.00-12.30 siang.

Selain dimanfaatkan untuk layanan ngabuburit, kendaraan mobil pelayanan keliling dari pagi hingga siang di sejumlah tempat publik pun dilakukan dengan tidak ada perubahan, Sehingga masyarakat tetap bisa membayar pajak sesuai dengan jadwal keliling mobil pelayanan.

Disampaikan Pri, semua akan dilayani Samsat dengan cepat agar  target pendapatan dari wajib pajak mengalami peningkatan. Tak hanya itu, untuk meningkatkan minat wajib pajak bayar tepat waktu pihaknya menggelar gebyar hadiah Samsat 2018.

Dengan hadiah satu unit mobil dan 47 unit sepeda motor periode sampai 10 Juli dan akan diundi pada minggu ketiga bulan Agustus. ‘’Datang ke layanan Samsat dan lakukan proses pembayaran. Otomatis nomor polisi kendaraan akan memperoleh nomor undian,’’ kata dia.

Dia menambahkan, wajib pajak sekarang ini bisa membayar pajak sejak 60 hari sebelum jatuh tempo. Tak hanya itu untuk memberikan pelayanan maksimal di Ramadan dan Lebaran tahun ini, pihaknya juga akan membuka layanan cepat pada tanggal 11, 12, 13, dan 19 Juni mendatang meski di luar jam kerja.

‘’Samsat siaga, samsat cepat, dan samsat keliling semua akan bergerak.  Karena memang juga banyak warga Tegal yang merantau ke Jakarta dan momentum libur Lebaran ini bisa dimanfaatkan warga untuk bayar pajak kendaraan,’’ kata dia. 


(Tresno Setiadi/CN42/SM Network)