• KANAL BERITA

Selama Ramadan, Jam Pelayanan Dukcapil Dikurangi

Foto: Warga antre di depan loket Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Pemkab Klaten untuk mencari dokumen kependudukan. (suaramerdeka.com/Achmad Hussain)
Foto: Warga antre di depan loket Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Pemkab Klaten untuk mencari dokumen kependudukan. (suaramerdeka.com/Achmad Hussain)

KLATEN,suaramerdeka.com- Antrean pencetakan dokumen kependudukan, terutama E-KTP di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Pemkab Klaten dibatasi. embatasan hanya berlaku selama bulan Ramadan saja.

Kepala Bidang Pendaftaran Kependudukan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Pemkab Klaten, Sri Hartanto mengatakan pembatasan antrean itu dilakukan hanya di bulan Ramadan. Tujuannya untuk memberi kesempatan petugas beribadah mengisi bulan Ramadan.

'' Di hari biasa pelayanan kami sampai pukul 19.00, tetapi di bulan Ramadan hanya sampai pukul 17.00,'' ungkapnya, Sabtu (19/5).

Pembatasan itu selain agar petugas bisa mengikuti kegiatan Ramadan di masyarakat juga agar bisa mempersiapkan waktu berbuka dengan keluarga. Saat bulan Ramadan, permintaan warga untuk mencetak E-KTP relatif stabil dan tidak ada lonjakan.

Per hari pencetakan berkisar antara 450 sampai 600 lembar. Nomor antrean dibatasi hanya antara 350 sampai 400 saja. Satu nomor antrean warga biasanya ada kepala keluarga yang dobel mencetak E-KTP sehingga yang tecetak bisa dua kali lipat dari nomor antrean. Kemungkinan lonjakan permintaan baru akan terjadi setelah lebaran usai. Untuk mengantisipasi persoalan teknis pencetakan, Dinas sudah membuat langkah antisipasi.

Datangi Sekolah

Menurut Kepala Bidang Informasi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Pemkab Klaten, Syamsul Fidyar pencetakan selama bulan Ramadan yang sudah beberapa hari berlangsung, tidak ada lonjakan.

'' Sehari rata-rata di angka 600 lembar. Itu rekam data sekaligus cetak,'' katanya.

Menurutnya, selama Ramadan seperti tahun-tahun sebelumnya tidak ada peningkatan signifikan untuk permohonan E-KTP. Tidak ada antrean panjang sebab bisa dilayani dengan cepat.

Dari sisi jaringan, sejak beberapa bulan terakhir tidak ada kendala dan berjalan lancar. Padahal sebelumnya jika ada gangguan di jaringan, bisa satu lembar E-KTP membutuhkan waktu 10 menit.


(Achmad Hussain/CN42/SM Network)