• KANAL BERITA

Cegah Penularan Difteri, Akan Dilakukan Imunisasi Serentak

foto ilustrasi - istimewa
foto ilustrasi - istimewa

BOYOLALI, suaramerdeka.com - Penyakit Difteri adalah penyakit yang sangat menular. Tetapi dapat dicegah dengan imunisasi sejak bayi. Gejalanya yaitu panas, sulit menelan, dan bisa menyebabkan kematian. Hal itu disampaikan dokter Sherly Jeanne Kilapong, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinkes Boyolali, usai memeriksa dua pasien terkena penyakit difteri di sebuah klinik Kecamatan Ampel, Boyolali.  

'’Bisa cepat menular kepada mereka yang belum diberikan imunisasi atau imunisasinya tidak lengkap,’’ jelasnya. 

Dia menambahkan, akan melakukan tindakan atas kasus penyakit difteri yang menyerang dua pasien tadi. Yaitu dengan melakukan Outbreak Respons Immunization (ORI) atau imunisasi serentak.  

Seperti diketahui, dua pasien menjalani perawatan di ruang isolasi RSU Pandan Arang (RSUPA) Boyolali. Awalnya, kedua dua pasien itu memeriksakan diri di sebuah klinik di Kecamatan Ampel, Minggu (13/5). Saat itu keduanya antara lain mengeluhkan gangguan pada tenggorokan dan juga mengalami demam. Berdasarkan hasil pemeriksaan dokter Sherly Jeanne Kilapong, penyakit yang diderita dua pasien tadi mengarah ke difteri. 


(Joko Murdowo/CN40/SM Network)