• KANAL BERITA

11 Jemaah Lunasi BPIH Tahap Kedua

Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

TEMANGGUNG, suaramerdeka.com - Hingga akhir pekan lalu, baru 11 jemaah calon haji Kabupaten Temanggung yang telah melunasi biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) 2018 tahap kedua. Keseluruhan jumlah jemaah calon haji yang berhak melakukan pelunasan BPIH 2018 tahap kedua tersebut sebanyak 42 orang.

Kasi Penyelenggara Ibadah Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Temanggung, HM Thowaf, di ruang kerjanya, akhir pekan lalu mengatakan, pelunasan BPIH 2018 tahap kedua dibuka mulai 16 Mei lalu, dan akan ditutup pada hari terakhir 25 Mei mendatang.

"Sampai dengan siang hari ini (Jum?at, 18/5, red), baru 11 calon jemaah haji yang telah melunasi BPIH 2018 tahap kedua, kemungkinan sebagaian besar sisanya akan melunasi pada pekan depan (pekan ini, red),"ujarnya.

Diungkapkannya, pelunasan BPIH tahap kedua diperuntukkan bagi para jemaah calon haji yang merupakan usulan penggabungan atau mendampingi jemaah haji yang telah lanjut usia, lalu yang diusulkan berangkat tahun ini karena telah lanjut usia, serta yang terkendala gagal sistem ketika pelunasan BPIH tahap pertema.

Ketika pelunasan BPIH tahap pertama lalu memang terdapat enam jemaah haji yang tidak dapat melunasi BPIH pada hari terakhir. Hal itu lantaran sistem jaringan internet dari bank syariah tempat pelunasan BPIH yang terhubung dengan siskohaj (sistem komputerisasi haji) mengalami keterputusan dalam waktu lama,

"Sehingga, keenam jemaah calon haji yang tidak dapat melunasi BPIH tahap pertama akibat terkendala gagal sistem itu, kemudian diberikan hak untuk melunasinya pada pelunasan BPIH tahap kedua,"jelasnya.

Menurutnya, 11 jemaah calon haji yang telah melunasu BPIH tahap kedua tersebut, enam diantaranya adalah yang terkendala gagal sistem saat akan melakukan pelunasan BPIH tahap pertama itu. Kemudian, sisanya ada yang merupakan usulan pendampingan, dan diusulkan berangkat tahun ini karena telah berusia lanjut.   

"Sebetunya, kami mengusulkan total 104 calon jemaah haji pendampingan dan usia lanjut untuk diberangkatkan tahun ini. Namun, dari usulan itu hanya mendapat alokasi 36 porsi pemberangkatan tahun ini, sebelum ditambah enam calon jemaah haji yang gagal sistem pada pelunasan BPIH tahap pertama,"tuturnya.

Diungkapkannya, apabila 42 calon jemaah haji itu semuanya nanti melunasi BPIH tahap kedua, maka total jumlah jemaah haji Kabupaten Temanggung pada 2018 ini sebanyak 1.144 orang. Yakni, terdiri atas jemaah calon haji pelunasan BPIH tahap pertama 1.102 orang dan 42 calon jemaah haji pelunasan BPIH tahap kedua tersebut.

"Para calon jemaah haji 2018 itu, selanjutnya akan didampingi tujuh orang TPHD (Tim Pendamping Haji Daerah) selama menunaikan ibadah haji di Makkah,"tambahnya.

Adapun besaran BPIH 2018 untuk embarkasi Solo yang harus dilunasi para jemaah calon haji Kabupaten Temanggung ialah Rp 35.933.275. Diperkirakan mereka akan diberangkatkan pada akhir Juli dan terbagi dalam tiga setengah kloter.


(Henry Sofyan/CN39/SM Network)