• KANAL BERITA

Perpustakaan Digital iKebumen, Tingkatkan Minat Baca Masyarakat

Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Kebumen, Anna Ratnawati, menandatangi nota kesepahaman dengan Dinas Pendidikan dan Kantor Kementerian Agama Kebumen. (suaramerdeka.com/Supriyanto)
Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Kebumen, Anna Ratnawati, menandatangi nota kesepahaman dengan Dinas Pendidikan dan Kantor Kementerian Agama Kebumen. (suaramerdeka.com/Supriyanto)

KEBUMEN, suaramerdeka.com - Dinas Arsip dan Perpustakaan (Disarpus) Kebumen meluncurkan Perpustakaan Digital iKebumen, baru-baru ini. Menurut Kepala Disarpus Kebumen, Anna Ratnawati, bahwa Perpustakaan Digital iKebumen direalisasikan dalam bentuk aplikasi, yang disebut Lovelibrary (Learn, Online, Valuable, and Entertaiment). Aplikasi ini dapat diakses dengan cara mendownload dan menginstal pada smartphone melalui Play Store.

"Ini sebagai bentuk peningkatan minat baca masyarakat. Sekaligus menjadikan perpustakaan sebagai pusat belajar pusat ilmu pengetahuan serta pusat kegiatan masyarakat. Masyarakat untuk lebih mengetahui perpustakaan sebagai tempat wisata edukasi yang nyaman dan menyenangkan serta gudang seumber pengetahuan," katanya.

Sementara Plt Bupati Yazid Mahfudz mengapresiasi inovasi Disarpus Kebumen untuk meningkatkan kunjungan masyarakat ke perpustakaan. Pihaknya mendorong masyarakat untuk meningkatkan kebiasaan membaca. "Untuk mewujudkan budaya membaca harus dibiasakan sejak dini. Inovasi yanh dilakukan Disarpus ini harapannya mendorong minat baca masyarakat," ujar Yazid Mahfudz. 

Peluncuran Perpustakaan Digital iKebumen juga bersamaan dengan pencanangan Gerakan Wisata Pustaka Ceria. Dalam gerakan itu, Disarpus Kebumen menggandeng Dinas Pendidikan dan Kantor Kementerian Agama Kebumen. Penandatangan nota kesepahaman dilakukan oleh Kepala Dinas Pendidikan Ahmad Ujang Sugiono, Kepala Kakan Kemenag Kebumen Imam Tobroni, dan Kepala Disarpus Anna Ratnawati.

Pencanangan gerakan wisata ceria tersebut bertujuan meningkatkan minat dan budaya baca masyarakat di era digitalisasi saat ini. Sekaligus untuk menyosialisasikan jenis-jenis pelayanan yang ada di perpustakaan daerah Kebumen.

"Muaranya, transformasi peran perpustakaan untuk membantu menigkatkan kualitas hidup masyarakat," tandas Anna Ratnawati. 


(Supriyanto/CN40/SM Network)