• KANAL BERITA

Hotel Khusus Hewan Piaraan Ada di Tegal

Tarif Rp 50.000 sampai Rp 70.000 Semalam

PERAWATAN RAMBUT: Romeo Fabian, memegangi hewan piaraannya, saat perawatan rambut oleh petugas khusus Pet Lover. (suaramerdeka.com / Riyono Toepra)
PERAWATAN RAMBUT: Romeo Fabian, memegangi hewan piaraannya, saat perawatan rambut oleh petugas khusus Pet Lover. (suaramerdeka.com / Riyono Toepra)

PEMILIK  hewan atau binatang piaraan, rasa-rasanya, tak perlu gelisah atau cemas, saat bepergian ke luar kota, dan harus meninggalkan ''kesayangannya'' itu. Sebab kini sudah ada sebuah hotel khusus hewan piaraan.

Hotel itu bisa jadi tempat menginap sementara hewan piaraan seperti Kucing Andora, Kucing Persia, berbagai jenis anjing ras ukuran besar dan kecil, dan beraneka jenis binatang iguana. Yakni, saat tuan rumah atau pemiliknya bepergian keluar kota dalam beberapa hari.

Lokasi hotel tersebut di Jl DI Panjaitan No 84, Kota Tegal. Hanya beberapa meter dari jalur pantura arah Semarang ke Jakarta, atau tak jauh dari perempatan Pos Polisi di Kompleks Pertokoan Pasar Sore, menyeberang ke arah timur.

"Ya ini bagian dari jenis pelayanan toko penyayang binatang atau Pet Lover, bernama Pet Hotel. Di hotel kami, pemilik hewan piaraan dapat menitipkan hewan piaraannya, dengan pelayanan layaknya seperti di hotel-hotel pada umumnya,'' ucap salah seorang owner usaha itu, Airin Yuliani Dewi.

Dia mengatakan ide mendirikan hotel khusus untuk hewan piaraan, berawal dari obrolan ringan tiga Srikandi sesama pecinta atau penyayang hewan piaraan. Yakni, Airin Yuliani Dewi, Vera Widiastuti dan Leady Darmawati. Ketiganya selama ini telah cukup sibuk berkutat di berbagai bisnis meubel, makanan ringan, es buah dan lain sebagainya. Sampai akhirnya tiga Srikandi itu kemudian mendirikan toko khusus untuk melayani hewan piaraan.

''Karena itulah kami bertiga bersepakat memberi nama toko ini dengan nama Pet Lover. Atau toko penyayang binatang. Kebetulan suami saya Johanes Setiawan dan rekan bisnisnya, Agus Susanto, mendukung penuh ide bisnis ini,'' ucap Airin.

Penitipan Hewan

Toko yang dibuka 28 Maret lalu, dalam perkembangannya selain banyak menjual makanan dan peralatan hewan tersebut, juga banyak menerima penitipan hewan piaraan seperti kucing, anjing dan Iguana.

Hewan yang dititipkan, masuk program bisnis Pet Hotel. Tarif per malam, untuk anjing atau kucing ukuran kecil, tarifnya Rp 50.000. Hewan ukuran besar Rp 70.000/malam. Dengan catatan makanan disediakan sendiri oleh pemilik hewan itu dari rumah. Hal itu dilakukan karena tiap hewan atau binatang, pemilik hewan piaraan lebih tahu makanan kesukaannya.

"Tapi kalau menghendaki makanan disediakan dari pihak hotel, maka bisa langsung melakukan pemesanan menunya. Karena di toko kami juga menyediakan aneka makanan ringan, makanan pokok hingga nyamikan untuk hewan piaraan. Mulai dari kelas bawah, menengah hingga atas. Harganya pun sangat terjangkau. Bahkan sama dengan toko-toko di kota lain, yang menjual makanan ini," terang Airin didampingi suaminya, Johanes Setiawan.

Hewan atau binatang piaraan yang kerap diinapkan di hotel itu adalah anjing kecil (Small Dog), Kucing Persia atau Andora, dan berbagai jenis Iguana. Kapasitas hunian atau okupansinya, mampu menampung hingga ratusan hewan. Dengan catatan, untuk binatang ukuran kecil kamarnya atau kandangnya berukuran 80 Cm2. Untuk jenis anjing ukuran besar, kamarnya berdimensi 1meter x 1,5 meter x 1,5 meter. Dilengkapi pendingin ruangan yang terpusat.

Antarjemput

Hal menarik dari pelayanan hotel khusus hewan piaraan tersebut, jika selama ini calon penghuni hotel harus datang sendiri ke hotel, di Pet Hotel Pet Lover, menerapkan pelayanan antarjemput. Maksudnya, pemilik hewan piaraan cukup telepon ke tempat penginapan itu, dan nanti ada petugas atau pelayan hotel yang menjemput ke rumah untuk mengantar hewan piaraannya tersebut ke hotel.

Pelayanan antarjemput itu, juga berlaku untuk pelayanan Grooming. Yakni pelayanan untuk perawatan pemeliharaan kuku, potong kuku, keramas bulu atau rambut hewan, hingga potong rambut dan membentuk potongan rambut sesuai selera pemilik hewan piaraan.

Meski tiga Srikandi itu telah menawarkan segudang pelayanan menarik untuk memanjakan hewan piaraan pelanggan, khusus untuk hewan piaraan calon penghuni hotel, sebelum dititipkan untuk diinapkan di hotel harus dalam kondisi sehat. Artinya bila berkutu, maka harus menjalani perawatan menghilangkan kutu. Atau diobati terlebih dulu. Demikian pula bila ada hewan yang sakit, harus diperiksakan kondisinya terlebih dulu ke dokter hewan.

"Ada jadwal dokter siapa saja yang bergiliran memeriksa hewan piaraan yang dititipkan dan menginap di hotel kami. Jadi pelayanan kesehatan menjadi hal utama yang kami lakukan," ucap Airin.


(Riyono Toepra/CN26/SM Network)