• KANAL BERITA

Bantuan Rehab Rp 360 Juta untuk 18 Masjid

Kepala Bagian Kesra Fakihurrohim dan Kepala Dinas Sosial Nurhayati menyerahkan bantuan kepada LKSA, Jumat (18/5).  (suaramerdeka.com/Cessnasari)
Kepala Bagian Kesra Fakihurrohim dan Kepala Dinas Sosial Nurhayati menyerahkan bantuan kepada LKSA, Jumat (18/5). (suaramerdeka.com/Cessnasari)

SLAWI, suaramerdeka.com - Seperti tahun-tahun sebelumnya pada bulan suci Ramadan, tahun ini, Pemkab Tegal akan mengadakan tarhim keliling sekaligus menyerahkan bantuan rehab senilai Rp 20 juta untuk masing-masing masjid.

Tarhim akan dilaksanakan di 18 masjid mulai tanggal 21,22,23,26,27,28,30 Mei dan  4,5 Juni, sehingga total bantuan rehab untuk 18 masjid Rp 360 juta.Untuk kegiatan tarhim dibentuk dua tim, tim pertama dipimpin Pjs Bupati Tegal dan tim II dipimpin Sekda Kabupaten Tegal.

Kepala Bagian Kesra Setda Kabupaten Tegal Fakihurrohim mengatakan dalam kegiatan tarhim tersebut akan diserahkan bantuan kepada  masjid yang ditempati. Masing-masing masjid akan mendapat bantuan senilai Rp 20 juta.

Bantuan tersebut diperuntukkan untuk membiayai rehab/perbaikan masjid. Selain itu, saat tarhim juga akan diserahkan santunan kepada 50 anak yatim piatu, dimana setiap anak akan mendapat Rp 150 ribu.

‘’Selama Ramadan ini akan diserahkan santunan kepada seribu anak yatim piatu , masing-masing diberikan Rp 150 ribu, sehingga total dikucurkan Rp 150 juta,’’ jelas Fakih, Jumat (18/5) di sela-sela menyerahkan bantuan kepada lembaga kesejahteraan sosial anak (LKSA) di kantornya.

Adapun masjid-masjid  yang akan dikunjungi Pjs Bupati Tegal pada saat tarhim yakni Masjid Assalafiyah Dukuh Darus Salam Kertasari Desa Lembasari, Masjid Nurul Iman (Prupuk Selatan-Margasari), Masjid Jami Baiturokhim (Pagerbarang), Masjid Baitussalam (Jatilawang-Kramat),Masjid Baiturohman (Sumbarang-Jatinegara), Masjid Al Karomah Baitul Muttaqin (Balamoa), Masjid Jami Roudlotul Jannah (Brekat-Tarub), Masjid Baiturrohman (Kalisapu-Slawi) dan Masjid Baitussaajidin (Blubuk-Dukuhwaru).

Sementara tim II yang dipimpin Sekda akan mengikuti tarhim di Masjid Baitul Makmur  Desa Dukuhmalar, Sukotengah, Masjid Jami Nurul Irsyad (Rangimulya-Warureja), Masjid Jami Ar Rahman (Tonggara-Kedungbanteng), Masjid Baitul Maghfiroh (Kalijambu-Bojong), Masjid Jami Salaamatuddaroin (Ujungrusi-Adiwerna), Masjid Jami Al Muttaqin (Jatimulya-Lebaksiu), Masjid Al Ikhlas (Tembongwah-Balapulang), Masjid Jami Asy Syukur (Pagongan-Dukuhturi) dan Masjid Al Mujahidin (Wangandawa-Talang).

Selain itu pada tanggal 2 Juni akan dilaksanakan peringatan Nuzulul Quran tingkat Kabupaten Tegal di Masjid Al Hajj Alun-alun Hanggawana Slawi, yang akan diikuti Pjs Bupati, Sekda dan kepala SKPD.  Pada acara tersebut akan dibagikan santunan bagi 100 anak yatim piatu.

Menurut Fakih, kegiatan lain yang diadakan pada Ramadan ini yakni pengajian di Pendapa Amangkurat setiap Selasa pukul 08.00-10.00 yang akan diikuti ASN di lingkungan Pemkab Tegal.

Sementara itu pada malam tasyakuran, Kamis (17/5), juga diserahkan  bantuan kepada 21 LKSA/panti asuhan yang bersumber dari Badan Amil Zakat (BAZ) senilai Rp 56,5 juta.

‘’Bantuan yang diberikan kepada LKSA jumlahnya bervariasi dari Rp 2 juta hingga Rp 3,5 juta, disesuaikan dengan jumlah anak asuh dan kekuatan yayasan,’’ kata Kasubag Kesos Bagian Kesra, Samukri.


(Cessnasari/CN42/SM Network)