• KANAL BERITA

Ramadan, PKL Alun-alun Buka Sore Hari

PKL TUTUP: Pedagang kaki lima di alun-alun Pemalang tutup pada siang hari dalam bulan Ramadan.(suaramerdeka.com/Saiful Bachri)
PKL TUTUP: Pedagang kaki lima di alun-alun Pemalang tutup pada siang hari dalam bulan Ramadan.(suaramerdeka.com/Saiful Bachri)

PEMALANG, suaramerdeka.com – Selama bulan puasa, pedagang kaki lima yang menempati selter alun-alun Pemalang, tidak boleh berjualan pagi dan siang hari. Berdasarkan kesepakatan bersama selama Ramadan pedagang di alun-alun mulai membuka lapak pukul 16.00 WIB dan tutup pada malam hari pukul 01.00 WIB.

''Kesepakatan jam berjualan tersebut selama Ramadan hendaknya dipatuhi, sehingga pada pagi hari hingga sore tidak ada pedagang berjualan,'' kata Kabid Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat, Beny Sosiawan, didampingi Kabid Penegakan Peraturan Perundangan Subiyakto.

Mengenai masih banyaknya pedagang yang tidak mematuhi jam berjualan, dan tidak menjaga ketertiban, Subiyakto mengakui aturan itu sulit ditegakan sejak dulu. Pada akhirnya pihaknya hanya menekankan agar para pedagang bisa menjaga kondusivitas saja.

Menurutnya, sangat sulit mengatur pedagang kaki lima. Misalnya mengenai gerobak tempat jualan. Dulu pernah ada aturan gerobak pedagang usai berjualan dikosongkan dari alun-alun. Tetapi lama kelamaan akhirnya gerobak tidak disingkirkan. Masih tetap nongkrong di alun-alun walaupun tutup.

Ditambahkan, pemberlakuan jam berjualan pada pukul 16.00 WIB, karena pada jam itu masyarakat yang berpuasa biasanya mulai mencari makanan untuk berbuka puasa. Sedangkan pada malam hari hingga pukul 01.00 untuk memberikan kesempatan orang mencari makanan untuk makan sahur.


(Saiful Bachri/CN40/SM Network)