• KANAL BERITA

Empat Desa Belum Bisa Gelar Pilkades

foto ilustrasi - istimewa
foto ilustrasi - istimewa

UNGARAN, suaramerdeka.com - Desember 2018 mendatang, setidaknya ada 140 desa di Kabupaten Semarang yang akan menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades). Keterangan tersebut disampaikan Bupati Semarang, Mundjirin, kemarin. Menurutnya, ada empat desa yang tidak bisa ikut menggelar Pilkades karena kepala desanya belum memasuki akhir masa jabatan (AMJ).

“Dari 144 desa itu, baru 140 desa yang bisa menggelar Pilkades. Kita sudah buat jadwalnya, rencananya Pilkades serentak hendak digelar pekan pertama atau pekan kedua Desember 2018,” kata Bupati Mundjirin.

Untuk mendukung persiapan, enam bulan menjelang Pilkades nantinya hendak dibentuk panitia melibatkan Badan Permusyawaratan Desa (BPD). Bagi empat desa yang belum bisa menggelar Pilkades, lanjutnya, disarankan untuk menggelar Pilkades tahun berikutnya.

Kepala Dispermasdes Kabupaten Semarang, Prayitno Sudaryanto menjabarkan, empat desa yang belum memenuhi ketentuan untuk menggelar Pilkades serentak tadi meliputi Desa Patemon dan Desa Karangduren Kecamatan Tengaran, kemudian Desa Dersansari (Suruh), dan Desa Kopeng (Getasan). Di samping mempersiapkan panitia di tingkat desa, Dispermasdes nantinya hendak berkoordinasi dengan KPU Kabupaten Semarang untuk keperluan pinjam pakai kotak dan bilik suara.

“Pemungutan suaranya Desember 2018, panitia dibentuk setelah ada pemberitahuan AMJ kira-kira September 2018 depan,” jabarnya.


(Ranin Agung/CN40/SM Network)