• KANAL BERITA

Pemkot Magelang Didorong Bangun Rusunawa ASN

GROUND BREAKING: Dua pekerja melaksanakan tugasnya saat dilakukan ground breaking Rusunawa Wates oleh Dirjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR, Kahlawi dan Wali Kota Magelang, Sigit Widyonindito. (Foto: suaramerdeka.com/Asef Amani)
GROUND BREAKING: Dua pekerja melaksanakan tugasnya saat dilakukan ground breaking Rusunawa Wates oleh Dirjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR, Kahlawi dan Wali Kota Magelang, Sigit Widyonindito. (Foto: suaramerdeka.com/Asef Amani)

MAGELANG, suaramerdeka.com – DPRD Kota Magelang menyambut baik mulai dibangunnya rumah susun sewa (Rusunawa) dan rumah khusus (Rusus) oleh Kementerian PUPR di Kelurahan Wates. Bahkan, bila perlu dibangun pula Rusunawa atau Rusus untuk para aparatur sipil negara (ASN) di lingkup Pemkot Magelang.

Ketua DPRD Kota Magelang, Budi Prayitno (Udik) mengungkapkan, rumah bukan hanya kebutuhan masyarakat biasa saja, tapi juga para pegawai negeri sipil (PNS). Terlebih, ia meyakini masih banyak ASN di lingkup Pemkot Magelang yang belum memiliki rumah.

“Kami dengar Kementerian PUPR punya program membangun Rusunawa atau Rusus untuk ASN. Nah, kita bisa tangkap peluang itu dengan merealisasikannya di sini,” ujarnya di kantornya, Kamis (17/5).

Dikatakannya, kalangan anggota dewan sangat peduli pada para ASN, terutama yang memang belum memiliki rumah tinggal sendiri. Pihaknya pun siap membantu jika memang Pemkot Magelang bersedia untuk menangkap peluang dari Kementerian PUPR tersebut.

Hanya saja, kata Udik, memang lahan di Kota Magelang sangat terbatas untuk dapat dibangun kembali Rusunawa atau Rusus setelah saat ini ada tiga Rusunawa dan satu Rusus. Namun, keterbatasan ini bisa dicari jalan keluarnya jika memang pemerintah memiliki niat baik.

“Misalnya bagaimana kalau kita membeli sebidang tanah di wilayah Kabupaten Magelang dan dibangun Rusunawa atau Rusus ASN tersebut. Kira-kira bisa tidak Kementerian PUPR mengabulkan cara tersebut,” katanya.

Untuk lokasi, imbuh Udik, memang haruslah dekat dengan wilayah Kota Magelang, tempat ASN itu bekerja. Hal ini seiring dengan tujuan Kementerian PUPR yang memprogramkan Rusunawa atau Rusus ASN agar tempat tinggal ASN dekat dengan tempatnya bekerja.

“Percuma kalau lokasinya jauh. Harapannya, setelah ASN nanti memiliki rumah sendiri kinerjanya makin meningkat untuk kemajuan Kota Magelang,” imbuhnya.


(Asef Amani/CN41/SM Network)