• KANAL BERITA

Unisa Borong Medali Kompetisi i-Finog

Universitas `Aisyiyah (Unisa) Yogyakarta (Foto Istimewa)
Universitas `Aisyiyah (Unisa) Yogyakarta (Foto Istimewa)

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com - Tiga tim mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Universitas `Aisyiyah (Unisa) Yogyakarta meraih medali di ajang International Festival of Innovation On Green Technology (i-Finog) 2018. 

Kompetisi yang digelar oleh Universiti Malaysia Pahang pada April lalu ini diikuti oleh perwakilan dari beberapa negara termasuk Indonesia. Pemerintah Indonesia mendelegasikan sejumlah perguruan tinggi negeri maupun swasta, salah satunya Unisa yang mengirimkan mahasiswa program Arsitektur, Teknologi Informasi, dan Bioteknologi.

Masing-masing tim beranggotakan 3 sampai 4 orang. Sebelum berangkat ke Malaysia, tim ini telah melalui seleksi cukup ketat dan dibekali persiapan yang matang.

Iwan Darmawan, dosen Arsitek Unisa selaku pembina mahasiswa mengatakan, pihak kampus memberikan dukungan penuh dengan membagikan timeline agar jadwal kuliah dan persiapan mengikuti ajang internasional itu tidak saling mengganggu. "Mereka melakukan segala persiapannya sendiri mulai dari membuat ide, proposa, bahan hingga presentasi. Jadi dosen hanya memberikan asistensi saja," terangnya, Kamis (17/5).

Jerih payah itu akhirnya membuahkan hasil. Tim Prodi Arsitek Unisa berhasil membawa pulang medali perak di Class D (Building, Architecture,Civil Engineering Construction and Materials). Prestasi membanggakan juga diukir tim Prodi Teknologi Informasi dengan perolehan medali perak Class E (ICT, Multimedia, Telecommunication, Computer Sciences, Electricity and Electronic & games).

Berikutnya di kategori Class C (Biotechnology, Life Sciences, Health and Chemicals), Prodi Bioteknologi Unisa berhasil meraih medali perunggu. Selain mengikuti i-Finog, saat berada di Malaysia tim mahasiswa Unisa juga berkesempatan melakukan kegiatan pengabdian internasional dengan program media ajar bahasa Inggris untuk siswa


(Amelia Hapsari/CN19/SM Network)