• KANAL BERITA

Selama Ramadan, Stok BBM dan LPG Ditambah

Foto: suaramerdeka.com / Cun Cahya
Foto: suaramerdeka.com / Cun Cahya

SEMARANG, suaramerdeka.com - Pertamina Marketing Operation Region (MOR) IV Jawa Tengah dan DIY akan menambah stok BBM dan LPG selama ramadan. Yanuar Budi Hartanto General Manager Pertamina MOR IV mengatakan untuk BBM akan ditambah 30 persen dari rata-rata normal harian sedangkan LPG ditambah delapan persen dari rata-rata normal harian.

Untuk jenis gasoline (premium, pertalite dan pertamax series) menambah stok 27 persen dari rata-rata harian 9.974,87 kilo liter (KL) naik menjadi 12.654,39 KL. Sedangkan untuk LPG dari 28.763.410 tabung  dibanding rata-rata harian normal 26.162.813 tabung.

"Untuk Gasoli (Solar) sebaliknya akan turun 10 persen karena angkutan barang dilarang beroperasi mendekati lebaran, namun untuk Dexlite akan ada peningkatan karena kendaraan diesel lainnya akan membutuhkan bahan bakar," katanya.

Yanuar menambahkan dari kenaikan rata-rata 30 persen gasoline dipresiksi kenaikan puncak terjadi di H-6 dan H+5 atau 6 mencapai 80 persen. Sedangkan LPG akan meningkat 13 persen di hari-hari libur dari 3.670 metriks ton menjadi 3.907 metriks ton.

Pertamina juga telah membuka posko satgas lebaran yang dimulai 14 Mei sampai dengan 29 Juni 2018 yang bertugas memonitor pengiriman stok di SPBU dan agen LPG serta pangkalan. "Apabila ada satu wilayah kekuarangan bisa diinfokan melalui posko sehingga akan dilakukan tindak lanjut dengan penambahan supply," pungkasnya.


(Cun Cahya/CN26/SM Network)