• KANAL BERITA

Alumni FK Undip Renovasi Mess Co Ass

BANTUAN: Ketua IKA Medica Cahyono Hadi menyerahkan secara simbolis bantuan untuk renovasi mess Co Ass di Mlonggo, Jepara. (suaramerdeka.com / Arie Widiarto)
BANTUAN: Ketua IKA Medica Cahyono Hadi menyerahkan secara simbolis bantuan untuk renovasi mess Co Ass di Mlonggo, Jepara. (suaramerdeka.com / Arie Widiarto)

JEPARA, suaramerdeka.com - Alumni Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Diponegoro (Undip) IKA Medica menggelar berbagai kegiatan mendukung program kampus. Rangkaian kegiatan itu antara lain merenovasi pemeliharaan mess co ass wanita di Mlonggo, Jepara senilai Rp 230 juta serta sumbangan tahun 2017 sebesar Rp 809 juta dari IKA Medica untuk FK Undip.

Ketua IKA Medica Cahyono Hadi menjelaskan meski sudah lulus atau tidak lagi menimba ilmu di Undip. Namun, mereka masih menunjukan kepedulian terhadap almamaternya.  Setelah acara di Mlonggo, dilanjutkan dengan kegiatan peduli pasien kusta di Donorejo Leprosy Center (DLC) RSUD Kelet. ''Selain itu diisi juga dengan kegiatan penyuluhan, kunjungan dokter spesialis kulit, dan pembagian 130 bingkisan perawatan diri,'' ungkap dia di sela-sela acara di Mlonggo, Jepara, baru-baru ini.

Ia menambahkan bhakti sosial lain yang diselenggarakan adalah operasi katarak gratis di RSUD Kelet, Jepara.  Peserta operasi katarak gratis ini sebanyak 57 orang. ''Teknik operasi yang digunakan tidak hanya menggunakan teknik EKEK yang menggunakan jahitan, tetapi juga menggunakan teknik tanpa jahitan dengan menggunakan mesin  phacoemulsification  yang memungkinkan pemulihan penglihatan yang lebih cepat pada  operasi katarak,'' jelasnya.

Cahyono Hadi menambahkan dalam rangkaian acara bhakti sosial ini, FK Undip juga mengirim perwakilan dosen serta mahasiswanya selama lima hari untuk melakukan pengabdian masyarakat di Pulau Karimunjawa. "Kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian kami terhadap masyarakat dan juga kampus," kata Cahyono.

Kegiatan bakti sosial ini merupkan hasil kerja sama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI)  Jawa Tengah, FK Undip, Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami) Cabang Jawa Tengah, serta Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (Perdoski)  Semarang, RSUD Kelet Provinsi Jawa Tengah, Dinas Kesehatan Kabupaten Jepara, IDI Jepara, dan Polres Jepara.


(Arie Widiarto/CN26/SM Network)