• KANAL BERITA

Halal Mart MAS, Wujud Kawasan Terpadu Pemberdayaan Umat

RESMIKAN HALAL MART: Wakil Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu (tengah) bersama tokoh Jawa Tengah, KH Ahmad Datodji, KH Ali Mufiz dan KH Noor Achmad meresmikan Halal Mart Masjid Agung Semarang (MAS) di Jalan Jolotundo Semarang, Rabu (16/5). (suaramerdeka.com/dok)
RESMIKAN HALAL MART: Wakil Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu (tengah) bersama tokoh Jawa Tengah, KH Ahmad Datodji, KH Ali Mufiz dan KH Noor Achmad meresmikan Halal Mart Masjid Agung Semarang (MAS) di Jalan Jolotundo Semarang, Rabu (16/5). (suaramerdeka.com/dok)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Satu persatu rancangan penataan The Little of Mecca di kawasan sekitar Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) mulai terwujud. Salah satu bukti adanya penataan tersebut ialah hadirnya mini market besutan Masjid Agung Semarang (MAS) Kauman. Mini market yang diberi nama Halal Mart MAS itu berlokasi di Jalan Jolotundo Semarang.

Ketua Yayasan Nadzir Wakaf Banda MAS, KH Noor Achmad mengatakan, Wakaf Banda MAS ini merupakan pengembangan dari visi kawasan terpadu The Little of Mecca.
"Ini bukan berarti akan seperti Kota Mekah, tetapi pengembangan kawasan terpadu ini memberikan suasana masyarakat yang Islami. Kawasan ini juga berorientasi pada pengayoman semua warga Kota Semarang," kata KH Noor Achmad.

KH Noor Achmad mengatakan hal itu di sela sela peresmian Halal Mart MAS di Jalan Jolotundo Semarang, Rabu (16/5).

Menurutnya, pengembangan kawasan terpadu ini meliputi pembangunan Rumah Sakit Islam, sekolah tahfidz quran sampai kelompok bermain dan Perguruan Tinggi. Tidak hanya itu, lokasi ini juga diproyeksikan sebagai salah satu titik kawasan perekonomian umat.

"Semua ini akan menjadi satu kesatuan dari MAJT yang menandai kembalinya tanah Banda Masjid Agung Semarang," paparnya.

Ditambahkan, Halal Mart MAS ini merupakan salah satu terobosan dari Nadzir Wakaf Banda Masjid Agung Semarang dalam mengembangkan ekonomi umat. Dalam awal perjalanannya, Halal Mart MAS bekerja sama dengan berbagai pihak seperti, Trans Mart dan Carefour. Kedua lembaga tersebut akan menyuplai barang di Halal Mart MAS.

Sementara itu, Wakil Wali Kota, Hevearita G Rahayu, yang berksempatan meresmikan Halal Mart MAS mengapresiasi terobosan tersebut. Menurutnya, Kota Semarang menjadi kota wisata yang semakin menarik minat wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri.

"Kami yakin akan berdampak pada peningkatan perekonomian umat. Kami berharap Halal Mart MAS dikelola secara produktif dan professional," katanya.

Turut datang dalam grand opening Halal Mart MAS, Mantan Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ali Mufiz, Ketua MUI Jateng, KH Ahmad Darodji, Ketua DMI Jateng, KH Achmad. Selanjutnya, Ketua Umum PITI Jateng, Iskandar Chang, Sekretaris MAJT, KH Muhyiddin, serta perwakilan Kantor kementerian Agama Provinsi Jateng dan Kota Semarang. 


(Siswo Ariwibowo /CN40/SM Network)