• KANAL BERITA

Kunjungi Karawang, Infrastruktur Jadi Sorotan

foto: suaramerdeka.com/Setiyadi Dwi
foto: suaramerdeka.com/Setiyadi Dwi

BANDUNG, suaramerdeka.com - Cagub nomor urut 2, Tubagus Hasanuddin, menyoroti kondisi infrastruktur di Kabupaten Karawang yang disebutnya mempunyai Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang cukup tinggi. 

Pasalnya, infrastruktur di sejumlah wilayah di kabupaten tersebut dinilainya belum layak dan bahkan pasokan listrik pun tak masuk. Dia pun mengaku prihatin mengingat temuannya ada bangunan SD yang tak layak digunakan.

Purnawirawan bintang dua TNI AD itu bahkan menilai, pemerintah seolah tidak hadir di wilayah tersebut, yang mengakibatkan masyarakat terisolasi dan memiliki tingkat perekonomian rendah.

"Di sini seperti tidak punya pemerintah, ironisnya jarak dengan kawasan industri hanya dua kilometer," katanya, saat bertemu dengan para petani Jeruk, di Kampung Tanjakan Pacul, Desa Kutanegara, Kecamatan Ciampel, Kabupaten Karawang seperti dalam keterangan yang diterima, kemarin.

Menurut Kang Hasan, kondisi tersebut sebenarnya sangat mudah diselesaikan sepanjang pemimpinnya terjun langsung untuk melihat kondisi nyata yang dialami rakyatnya. 

"Dengan jarak yang dekat seperti ini, sebetulnya mudah, kalau memang tak ada anggaran, kan bisa dengan CSR dari perusahan sekitar," katanya, sambil menyebut sektor infrastuktur menjadi salah satu fokus utama dalam membangun Jabar.

Pembangunan infrastruktur, imbuhnya, bertujuan untuk mengembangkan pusat-pusat perekonomian baru, terutama di wilayah yang memiliki kesenjangan pembangunan, seperti Jabar Selatan. 

"Kita punya program Turkamling (infrastruktur, keamanan dan lingkungan), bukan hanya jalan, tapi seluruh akses untuk kebutuhan pertumbuhan ekonomi di semua wilayah Jabar," tegasnya. 
 


(Setiady Dwi/CN40/SM Network)