• KANAL BERITA

Sarana Pendukung Logistik Disiapkan

Tenaga relawan KPU Kabupaten Semarang mulai merakit kotak dan bilik suara Pilgub Jawa Tengah 2018 di Gedung Korpri Ungaran, Rabu (16/5). (suaramerdeka.com/Ranin Agung)
Tenaga relawan KPU Kabupaten Semarang mulai merakit kotak dan bilik suara Pilgub Jawa Tengah 2018 di Gedung Korpri Ungaran, Rabu (16/5). (suaramerdeka.com/Ranin Agung)

UNGARAN, suaramerdeka.com - Sarana pendukung logistik Pilgub Jawa Tengah 2018 mulai disiapkan KPU Kabupaten Semarang. Sebagai persiapan, sejak akhir pekan kemarin tenaga relawan KPU sudah mulai merakit kotak dan menyiapkan bilik suara suara di Gedung Korpri Ungaran.

Ketua KPU Kabupaten Semarang, Guntur Suhawan mengatakan, untuk mendukung logistik surat suara dari pusat pihaknya telah menyiapkan lebih kurang 1.830 kotak suara.
“Kami menggunakan kotak suara Pemilu sebelumnya. Perakitan kotak masih dilakukan melibatkan sejumlah petugas,” katanya, Rabu (16/6).

Ada pun jumlah bilik suara yang disiapkan KPU, setidaknya ada 3.538 bilik. Yang harus pengadaan baru, menurutnya, meliputi alat coblos dan bantalan tempat mencoblos surat suara. Jumlahnya, setara dengan jumlah bilik suara yang disiapkan.

“Terkait kebutuhan surat suara Pilgub untuk Kabupaten Semarang, akan dikirim pihak percetakan pemenang lelang ke KPU Kabupaten Semarang, Kamis (17/5). Total jumlah surat suara yang bakal diserahterimakan sebanyak 776.141 lembar,” jelasnya.

Rinciannya, lanjut Guntur, mengacu Daftar Pemili Tetap (DPT) Pilgub yang ditetapkan KPU Kabupaten Semarang sebanyak 756.063 pemilih. Artinya, ada surat suara cadangan 2,5 persen dari jumlah DPT. Setelah diserahterimakan, surat suara tersebut bakal disortir mulai 20 Mei 2018.

Terlepas dari itu, pihaknya mengungkapkan pascapenetapan DPT Pilgub Jawa Tengah 2018 pada 19 April 2018 kemarin, KPU Kabupaten Semarang belum menerima laporan DPT Tambahan (DPTb) dari Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS). Dirinya menghimbau masyarakat yang telah memenuhi syarat namun belum masuk di DPT untuk segera melapor ke petugas.

“Calon pemilih yang belum masuk DPT akan diakomodir dalam DPTb. Data DPTb yang masuk, hendak direkapitulasi pada Juni 2018 mendatang,” papar Guntur. 


(Ranin Agung/CN40/SM Network)