• KANAL BERITA

PLN Tingkatkan Kualitas Hidup Warga Tambakromo Cepu

Manajemen PLN Trans JBT-Unit APP Semarang menyerahkan bantuan sarana dan prasaranan instalasi air bersih kepada warga Dukuh Jambe, Kelurahan Tambakromo, Cepu, Blora. (suaramerdeka.com/ Abdul Muiz)
Manajemen PLN Trans JBT-Unit APP Semarang menyerahkan bantuan sarana dan prasaranan instalasi air bersih kepada warga Dukuh Jambe, Kelurahan Tambakromo, Cepu, Blora. (suaramerdeka.com/ Abdul Muiz)

BLORA, suaramerdeka.com - Air bersih merupakan masalah tahunan yang dialami masyarakat Dukuh Jambe, Kelurahan Tambakromo, Kecamatan Cepu, Blora, Jawa Tengah saat musim kemarau. Untuk mendapatkan air bersih, warga Jambe harus rela memasuki hutan melalui jalan setapak sejauh dua kilometer menuju Sendang Brungu yang merupakan satu-satunya sumber air di dukuh tersebut yang tidak pernah kering.

"Bila kemarau tiba, warga mendapat bantuan dari pemerintah satu tangki air bersih dua minggu sekali. Itu karena Dukuh Jambe merupakan dukuh yang paling kesulitan air bersih,’’ ungkap Sukirno, Lurah Tambakromo dalam sambutannya di acara Serah Terima CSR Program Air Bersih untuk Desa, Selasa (15/5).

Kini, permasalahan menahun itu tak perlu lagi dialami warga Jambe. Melalui Program CSR Air Bersih untuk Desa senilai 150 juta rupiah, PLN Trans JBT-unit APP Semarang membuat instalasi air bersih sepanjang dua kilometer dari Sendang Brungu menuju tengah-tengah permukiman warga lengkap dengan pompa serta tandon air berkapasitas 25 ribu liter.

"Air bersih untuk warga Jambe, Tambakromo ini merupakan komitmen PLN untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat di sekitar instalasi PLN. Sebagai kebutuhan primer, masalah air bersih tidak bisa ditunda-tunda lagi, harus segera diselesaikan. Ini wujud nyata kepedulian kami,’’ ujar Irfan Hanif, perwakilan Manajeman PT PLN (Persero) APP Semarang.

Irfan menambahkan, di beberapa wilayah di Provinsi Jawa Tengah, air bersih menjadi problem yang cukup krusial di masyarakat memasuki bulan-bulan kemarau ini. ‘’Meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat lewat ketersediaan air bersih merupakan prioritas program CSR unit kami tahun ini,’’ tuturnya.

Merespon adanya bantuan tersebut, warga Jambe menerimanya dengan antusias. Mereka tak mampu menyembunyikan rasa senangnya, saat Muspika Kecamatan Cepu bersama-sama dengan manajeman PT PLN (Persero) APP Semarang membuka serentak kran air di tandon sebagai simbolisasi serah terima bantuan tersebut.

‘’Tidak pernah ada sebelumnya bantuan seperti ini. Kami sangat berterimakasih sekali kepada PT PLN (Persero) karena telah peduli pada permasalahan kelangkaan air bersih di daerah kami. Warga Jambe jadi tidak perlu lagi jalan jauh ke tengah hutan untuk mendapatkan air,’’ kata Damin, warga Dukuh Jambe.

Melalui Program CSR Air Bersih untuk Desa senilai 150 juta rupiah, PLN Trans JBT-unit APP Semarang membuat instalasi air bersih sepanjang dua kilometer dari Sendang Brungu menuju tengah-tengah permukiman warga lengkap dengan pompa serta tandon air berkapasitas 25 ribu liter.


(Abdul Muiz/CN33/SM Network)