• KANAL BERITA

Para Calon Mutakif Mulai Berdatangan ke Masjid Demak

Sebagian calon mutakif memenuhi serambi Masjid Demak Selasa (15/5) petang tadi. (suaramerdeka.com/Bambang Isti)
Sebagian calon mutakif memenuhi serambi Masjid Demak Selasa (15/5) petang tadi. (suaramerdeka.com/Bambang Isti)

DEMAK, suaramerdeka.com - Meski awal Ramadan 1439 H jatuh pada Kamis (17/5) atau dua hari ke depan, tapi pada Selasa (15/5) hari ini sebagian jamaah iktikaf mulai berdatangan di Masjid Agung Demak. Mereka umumnya berasal dari luar kota, seperti Pati, Pekalongan, Tegal, Solo, Jakarta bahkan Palembang.

Mereka adalah para pendatang yang sengaja mengunjungi masjid warisan para wali itu untuk menetap di sepanjang ramadan, melakukan iktikaf untuk berkontemplasi mencari keridhaan Allah. Mereka adalah para mutakif (orang yang sedang beriktikaf).

Budi (38), salah satu mutakif asal Pati bahkan mengaku berada di Masjid Demak sejak dua pekan lalu. "Ya, saya memang sudah lama tinggal di masjid ini, sekitar dua minggu lalu," kata Budi, ditemui Selasa petang.

Selain Budi, terdapat para mutakif lain misalnya Abror (57) asal Jakarta dan Mashuri (44) yang datang dari Palembang.

Sumber takmir Masjid Agung Demak menyebut, dari tahun ke tahun jumlah mutakif baik pria atau perempuan jumlah terus meningkat. Para mutakif pria biasanya menempati sisi kanan masjid dan perempuan di sisi kiri masjid. Di sepanjang hari mereka melakukan aktivitas ibadah, tarawih, tadarus, dan makan sahur disediakan oleh takmir masjid.
 


(Bambang Isti/CN40/SM Network)