• KANAL BERITA

Anda Kecapekan, Istirahat Dulu

Nasihat Abah Enthus untuk Sinoeng

Pejabat Sementara Bupati Tegal Sinoeng Noegroho Rachmadi menyampaikan sambutan pada saat prosesi pemberian penghormatan terakhir kepada Bupati Tegal periode 2014-2019, Enthus Susmono di Pendapa Amangkurat, Slawi. (suaramerdeka.com/Cessnasari)
Pejabat Sementara Bupati Tegal Sinoeng Noegroho Rachmadi menyampaikan sambutan pada saat prosesi pemberian penghormatan terakhir kepada Bupati Tegal periode 2014-2019, Enthus Susmono di Pendapa Amangkurat, Slawi. (suaramerdeka.com/Cessnasari)

TEGAL, suaramerdeka.com - Kepergian Ki Enthus Susmono (52), menyisakan banyak kenangan bagi banyak orang. Tak terkecuali pada diri Sinoeng Noegroho Rachmadi, yang sejak 15 Februari 2018, diberi mandat sebagai Penjabat Sementara Bupati Tegal, dikarenakan Ki Enthus Susmono tengah cuti untuk mencalonkan diri sebagai Bupati Tegal kali kedua, periode 2019-2024.

Sinoeng menyebutkan, sebelum meninggal dunia, calon Bupati Tegal Enthus Susmono kirim pesan melalui whatsapp (WA) dengannya. Sinoeng di sela-sela konferensi pers di lobi RSUD Dr Soeselo Slawi, Senin (14/5) malam, mengatakan pada Senin sore pukul 16.11, dirinya menerima pesan WA dari Ki Enthus Susmono.

Saat itu Enthus bertanya tentang video yang menayangkan saat Sinoeng melakukan ziarah di makam salah satu sesepuh Kabupaten Tegal. Video tersebut menjadi viral di kalangan masyarakat. Ziarah ke makam sejumlah sesepuh/pendiri Kabupaten Tegal ini merupakan kegiatan rutin menjelang HUT Kabupaten Tegal.

Seperti diketahui pada 18 Mei 2018, Kabupaten Tegal akan memasuki usia ke- 417 tahun. Kegiatan ziarah pada Senin pagi yang diikuti Sekda, kepala SKPD, dan Forkopidma itu, dimulai dari Makam Amangkurat di Desa Pesarean, Kecamatan Adiwerna.

Dari ziarah di Makam Ki Gede Sebayu. Kemudian melanjutkan ke Makam Hanggawana dan Purbaya di Desa Kalisoka, Kecamatan Dukuhwaru.  

‘’Pukul 16.11 WIB, beliau menanyakan, niki teng pundi sambil menunjukkan video tersebut dan saya jawab, Subhanallah nyuwun pangapunten bapak, menika pas nyekar di Ki Gede Sebayu. Beliau lalu menjawab, oh nggih sampeyan kecapean, istirahat riyin (Oh ya, anda kecapekan, istirahat dulu),’’ jelas pejabat yang mengaku maniak sosial media ini.

Jaga Integritas

Selain pesan tersebut, masih ada beberapa pesan dari Enthus Susmono yang diingatnya. Di antaranya agar senantiasa menjaga integritas. Masih lekat dalam ingatannya, pesan itu disampaikan mendiang Bupati Tegal periode 2014-2019 itu kepadanya usai pelantikan sebagai Pjs Bupati Tegal pada 15 Februari 2018.

‘’Jaga integritas bagi ASN pemahaman yang final. Jujur, bebas pungli, nggak ada pungutan, pelayanan cepat, mudah, murah dan saya tambahi ramah, dan membuka kanal media sosial. Karena konsepsi integritas itu ingin mengejawantah pada konsepsi negara hadir. Rakyat ingin bertanya tahu kepada siapa,’’ jelas suami Denok Respati ini.

Baginya kepergian Ki Enthus tak hanya membuat dirinya kehilangan teman dan sahabat. Diakuinya, bila sosok petahana itu, selama ini sering memberikan saran, penguatan dan support padanya.

Pesan lain yang diingatnya yakni agar dirinya melanjutkan aktivitas bersosial media. "Beliau pernah menyampaikan, Wah, kowe jek enom yo mas, dadi sosial mediamu diterusno. Nek aku, wes tak tugaske uwong liya (staf) (Wah, anda masih muda ya mas, jadi sosial mediamu dilanjutkan. Kalau saya, sudah tugaskan ke orang lain (staf))," imbuhnya.

Sinoeng menyebutkan, dirinya juga dipesan oleh Ki Enthus, agar melanjutkan layanan SMS Lapor Bupati, yang selama ini mejadi sarana bagi Pemkab Tegal untuk memudahkan komunikasi dengan warganya. Melalui SMS Lapor Bupati, warga dapat menyampaikan kritik, saran, keluhan kepada Pemkab Tegal. Dan setiap laporan yang disampaikan akan segera dicarikan solusinya.


(Cessnasari/CN40/SM Network)