• KANAL BERITA

Baznas Kebumen Alokasikan Dana Beasiswa Rp 1,4 Miliar

TES TERTULIS: Ratusan pelajar  mengikuti tes tertulis  beasiswa Baznas di Gedung Pertemuan Setda Kebumen, Senin (14/5). (suaramerdeka.com/Supriyanto)
TES TERTULIS: Ratusan pelajar mengikuti tes tertulis beasiswa Baznas di Gedung Pertemuan Setda Kebumen, Senin (14/5). (suaramerdeka.com/Supriyanto)

KEBUMEN, suaramerdeka.com - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kebumen tahun 2018 mengalokasikan dana beasiswa sebesar Rp 1,4 miliar. Melalui pemberian beasiswa itu, diharapkan akan meningkatkan sumberdaya manusia utamanya bagi warga miskin yang berprestasi.

"Karena generasi muda adalah aset bangsa yang harus mendapatkan pendidikan yang memadai," ujar Ketua Baznas Kebumen drh Djatmiko di sela-sela seleksi tertulis beasiswa Baznas tahun 2018 di Gedung Pertemuan Setda Kebumen, Senin (14/5).

Lebih lanjut, Djatmiko menambahkan, beasiswa Baznas merupakan salah satu program Baznas yakni Kebumen Cerdas. Selain  bagi masyarakat miskin,  beasiswa juga diberikan kepada kader dakwah yakni ustad Taman Pendidikan Alquran (TPQ) dan tahfidz atau penghafal Alquran.

Adapun seleksi beasiswa diikuti oleh 309 peserta. Jumlah itu terdiri atas beasiswa miskin SLTP ke SLTA sebanyak 212 peserta. Beasiswa miskin dari SLTA ke strata 1 sebanyak 76 peserta. Beasiswa kader dakwah empat peserta dan beasiswa tahfidz sebanyak 17 peserta.

"Selain seleksi tertulis, peserta juga akan menjalani tes wawancara, bacaan Alquran serta hafalan Alquran bagi peserta tahfidz," tandasnya.

Besaran Beasiswa

Sementara itu, besaran beasiswa yang akan diterima oleh peserta yang dinyatakan lulus adalah untuk SMA/MA senilai Rp 6 juta/tiga tahun. Kemudian SMK senilai Rp 8 juta/ tiga tahun dan Strata 1 senilai Rp 10 juta untuk delapan semester. 

Sebelumnya, Baznas Kebumen melakukan pentasarufan  zakat, infaq dan shodaqoh (ZIS) tahap pertama tahun 2018 sebesar Rp 670 juta. Penyaluran digelar  bersamaan dengan peresmian gedung baru Baznas di Jalan Arungbinang Nomor 20 Kebumen. Dana ZIS tersebut disalurkan untuk  warga di enam kecamatan yakni Kecamatan Pejagoan, Kebumen, Buluspesantren, Alian, Karangsambung, dan Sadang.

Merujuk data, perolehan zakat infaq shodaqoh (ZIS) yang dihimpun Baznas Kebumen dari 2007 sampai dengan Februari 2018 mencapai Rp  21,996 miliar. "Dana tersebut telah disalurkan sebesar Rp 20,9 miliar," ujar Djatmiko.


(Supriyanto/CN39/SM Network)