• KANAL BERITA

Ramadan 2019, Baznas Targetkan Penghimpunan Zakat Rp 3 Triliun

Deputi Baznas, Arifin Purwakananta, saat konpers Program Ramadhan Baznas. (suaramerdeka.com/Hartono Harimurti)
Deputi Baznas, Arifin Purwakananta, saat konpers Program Ramadhan Baznas. (suaramerdeka.com/Hartono Harimurti)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Ramadan identik dengan bulan kesadaran berzakat. Berkaitan dengan hal tersebut, maka pada Ramadan 1439 H, Baznas Pusat menargetkan penghimpunan zakat sebesar Rp 54 M dari target setahun yakni Rp 200 Miliar. 

Sementara secara nasional, penghimpunan zakat diharapkan dapat mencapai Rp 3 Triliun, atau hampir 30 persen dari target nasional selama 2018 sebesar Rp 8 Triliun. Menurut Deputi Baznas, Arifin Purwakananta, pihaknya optimistis bisa mencapai target tersebut. 

"Kami optimistis bisa mencapai target tersebut, baik target yang Baznas Pusat mau pun yang nasional, karena kami makin memudahkan masyarakat yang berzakat (muzaki) dengan layanan digital. Pada Ramadhan ini, Baznas menambah kemudahan berzakat melalui e commerce yaitu bekerja sama dengan Lazada dan Shoppee, serta dengan memanfaatkan fasilitas teknologi finansial seperti Gopay, m-Cash, t-Cash, Easypay dan uang elektronik," kata Arifin, dalam konferensi pers Program Ramadhan 2019 Baznas di kantor Baznas Wisma Sirca Menteng Jakarta Pusat, kemarin.

Layanan ini menurut Arifin mengacu pada perilaku berzakat masyarakat Indonesia melalui Baznas, di mana sebanyak 70 persen menggunakan fasilitas digital. Kanal digital Baznas yang digunakan para muzaki tersebut antara lain melalui digital banking channel yakni transfer ATM, mobile banking, internet banking, sms banking.

Untuk program penyaluran, Baznas telah menyiapkan berbagai program meliputi paket Ramadhan Bahagia (PRB), Hidangan Berkah Ramadhan, Masjid Cemerlang dan Buka Puasa dengan ribuan anak yatim. Selain itu, juga telah menyiapkan Program Pesantren RamYears sehat dari Rumah Sehat Baznas, Aksi Layanan Aktif Baznas dan Pameran produk Pemberdayaan.

“Target penyaluran zakat pada Ramadhan tahun ini di Baznas Pusat mencapai 22 Miliar untuk 57 ribu mustahik yang akan menerima manfaatnya,” kata Arifin.


(Hartono Harimurti/CN40/SM Network)